Pertumbuhan Ekonomi Q1 AS Lebih Tinggi Dari Perkiraan; Akankah Target 3 Persen Q2 Tercapai?

462
Vibizmedia Photo

Pertumbuhan ekonomi A.S. pada awal 2017 lebih rendah dari kuartal sebelumnya. namun lebih kuat dari perkiraan awal, dan kecepatannya meningkat pada kuartal saat ini.

Produk domestik bruto, ukuran luas barang dan jasa yang dihasilkan di ekonomi A.S., meningkat pada tingkat tahunan yang disesuaikan inflasi dan musiman sebesar 1,2% pada kuartal pertama, kata Departemen Perdagangan pada hari Jumat.

united-states-gdp-growth

Agensi bulan lalu memperkirakan pertumbuhan PDB pada tingkat tahunan 0,7% selama tiga bulan pertama tahun ini.

Pertumbuhan A.S. meningkat rata-rata 2,1% per tahun sejak resesi berakhir pada pertengahan 2009. Melihat fluktuasi triwulanan, 2017 muncul di lintasan serupa, berdasarkan proyeksi baru-baru ini oleh para ahli ekonomi swasta dan pembuat kebijakan Federal Reserve.

Pertumbuhan kuartal pertama telah berulang kali kecewa dalam beberapa tahun terakhir sebelum rebound di musim semi dan musim panas. Tahun ini tampaknya mengikuti pola itu, yang oleh beberapa ekonom dikaitkan dengan masalah penyesuaian musiman.

Macroeconomic Advisers pada hari Jumat memperkirakan PDB akan berkembang pada kecepatan 3,3% pada kuartal kedua.

Presiden Donald Trump ingin mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di atas 3% melalui kombinasi pemotongan pajak dan perubahan kebijakan lainnya. Namun banyak ekonom mengatakan bahwa akan sulit mengingat lambannya pertumbuhan dalam ukuran angkatan kerja dan memperlambat kenaikan produktivitas pekerja.

Laporan Jumat juga menawarkan perkiraan pertama pemerintah terhadap laba perusahaan A.S. selama kuartal pertama. Keuntungan setelah pajak, tanpa penilaian persediaan dan penyesuaian konsumsi modal, turun 0,3% dari kuartal keempat namun naik 11,9% dari tahun sebelumnya.

Penurunan keuntungan terjadi setelah empat kali kenaikan kuartalan. Departemen Perdagangan mengatakan keuntungan kuartal pertama tertekan oleh penyelesaian hukum yang melibatkan Credit Suisse, Deutsche Bank dan Volkswagen.

Revisi data produksi ekonomi untuk kuartal pertama sebagian besar optimis, dengan pertumbuhan yang lebih kuat untuk belanja oleh konsumen dan bisnis dan penurunan yang kurang dramatis dalam pengeluaran oleh pemerintah dibandingkan dengan perkiraan awal yang dirilis bulan lalu.

Belanja konsumen, yang menyumbang sebagian besar produksi ekonomi A.S., naik pada tingkat tahunan 0,6%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 0,3% namun turun dari pertumbuhan kuartal keempat sebesar 3,5%.

Pejabat Federal Reserve telah mengabaikan pengeluaran kuartal pertama yang lemah sebagai kemunduran sementara berdasarkan tanda-tanda kesehatan mendasar, seperti perekrutan dan peningkatan sentimen konsumen.

Pengeluaran barang modal oleh usaha A.S. dipercepat pada kuartal pertama. Ukuran yang luas, investasi tetap tetap non-residensial, naik pada tingkat tahunan 11,4%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 9,4% dan tingkat pertumbuhan triwulan keempat sebesar 0,9%. Belanja bisnis meningkat secara luas, dipimpin oleh lompatan 28,4% dramatis dalam pengeluaran untuk struktur seperti poros tambang dan sumur minyak.

Penggerak utama kenaikan investasi baru-baru ini telah menjadi rebound dalam produksi energi domestik.

Namun Departemen Perdagangan pada hari Jumat juga melaporkan penurunan bulan April atas pesanan barang pabrik jangka panjang, kemungkinan adanya pembelanjaan bisnis lunak untuk peralatan baru musim semi ini.

Pengeluaran oleh pemerintah federal, negara bagian dan lokal mengalami kontraksi kurang dari perkiraan sebelumnya di kuartal pertama, turun pada tingkat tahunan 1,1% versus perkiraan sebelumnya sebesar 1,7%. Investasi residensial melonjak pada kecepatan 13,8% di kuartal pertama, sedikit naik dari perkiraan awal dan memberikan dorongan yang solid terhadap pertumbuhan secara keseluruhan.

Ekspor bersih menyumbang 0,13 persen pada tingkat pertumbuhan 1,2% pada kuartal pertama, sementara persediaan swasta berkurang 1,07 poin persentase. Kedua kategori cenderung bergejolak dari kuartal ke kuartal.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here