Bursa Eropa Berakhir Melemah; Data Ekonomi Zona Eropa Dicermati

453

Bursa Saham Eropa ditutup sebagian besar melemah pada hari Senin (29/05) menyusul penurunan harga minyak.

Indeks DAX berakhir pada 12628.95, naik 26,77 poin atau 0,21%

Indeks CAC berakhir pada 5332.47, turun -4.17 poin atau -0.08%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10884.00, turun -20.20 poin atau -0.19%

FTSE 100 tidak melakukan perdagangan pada hari Senin karena libur umum di Inggris Raya.

IBEX Spanyol juga ditutup dalam zona merah meskipun penjualan ritel musiman disesuaikan meningkat 1,8 persen tahun ke tahun di bulan April.

Investor tampaknya telah mengabaikan kekhawatiran geopolitik yang berasal dari uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara pada hari Senin.

Sektor otomotif termasuk di antara pemain terburuk Senin ini, turun 0,3 persen. Menurut agen standar Rusia, Peugeot secara sukarela menarik 30.000 mobil yang terjual di Rusia antara tahun 2011 dan 2016. Sahamnya turun sedikit.

Bank-bank Italia juga menjadi fokus investor. Intesa Sanpaolo hampir menyelesaikan rencana untuk meningkatkan bisnis pengelolaan asuransi dan asetnya sambil memotong biaya dan menutup cabang, Financial Times melaporkan pada hari Senin. Saham pemberi pinjaman Italia turun 2 persen. Saham Italia lainnya seperti Banco BPM dan Unicredit juga lebih rendah 4 persen.

Di Inggris, British Airways (BA) melanjutkan penerbangan dari London setelah gangguan TI yang besar menimbulkan malapetaka akhir pekan lalu, dengan ribuan penumpang yang terkena dampak. Pemilik BA International Airlines Group terdaftar di London, sehingga tidak akan ada perdagangan saham. Namun, saham perusahaan yang terdaftar di Spanyol itu turun di atas 2,5 persen.

Dalam politik, Partai Konservatif Inggris memiliki keunggulan 14 persen atas Partai Buruh oposisi menjelang pemilihan 8 Juni, menurut sebuah jajak pendapat ICM yang diterbitkan di surat kabar Sun pada hari Minggu.

Malam nanti akan dirilis data Business, Consumer Confidence, juga Economic, Service dan Industrial Sentimen Bulan Mei Zona Eropa, yang kesemuanya diindikasikan positif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik jika data ekonomi zona Eropa terealisir positif. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here