Harga Minyak Mentah AS Naik Dengan Dimulainya Musim Berkendara di AS

290

Harga minyak mentah berjangka A.S. sempat naik mencapai $ 50 per barel pada hari Selasa didukung awal musim berkendara musim panas di Amerika Serikat yang mendorong permintaan bahan bakar yang kuat di bulan depan.

Permintaan bahan bakar transportasi AS seperti bensin yang digunakan untuk mobil dan diesel untuk bus cenderung meningkat secara signifikan saat keluarga mengunjungi teman dan keluarga atau berlibur selama bulan-bulan musim panas, dengan musim panas yang disebut musim panas yang secara resmi dimulai pada hari libur Memorial Day pada awal minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) naik di atas $ 50 per barel pada awal perdagangan pada hari Selasa, dan berada di $ 49,89 per barel, naik 9 sen atau 18 persen.

American Automobile Association (AAA) mengatakan menjelang Memorial Day menyatakan bahwa diperkirakan 39,3 juta orang Amerika menempuh jarak 50 mil (80 km) atau lebih jauh dari rumah selama akhir pekan Memorial Day. “Itu adalah 1 juta lebih banyak pelancong daripada tahun lalu yang sampai ke jalan, langit, rel dan air, menciptakan volume perjalanan Memorial Day yang tertinggi sejak 2005,” kata AAA.

Dengan tidak adanya musim mengendara yang terjadi di Asia atau Eropa pada tahap ini, harga minyak mentah patokan internasional Brent tidak didorong dengan kuat.

Harga minyak mentah Brent berada di $ 52,21 per barel, turun 8 sen atau 0,15 persen.

Faktor harga utama Brent adalah apakah sebuah keputusan yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memperpanjang janji untuk memangkas produksi sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) sampai akhir kuartal pertama 2018 akan memiliki efek yang diharapkan secara signifikan memperketat pasar hingga akhir tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan dimulainya musim mengendara di AS yang meningkatkan permintaan bahan bakar. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,40-$ 50,90, dan jika harga turun akan menguji kisaran Support $ 49,40-$ 48,90.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here