Optimisme Bisnis, Ekonomi dan Konsumen Zona Eropa Merosot di Bulan Mei

454

Optimisme bisnis zona Eropa turun menjadi 0,90 untuk bulan Mei dari 1,09 pada bulan sebelumnya dan lebih lemah dari perkiraan pembacaan 1,10 untuk bulan tersebut. Demikian rilis pada hari Selasa (30/05).

Ada penurunan dalam keyakinan seputar penilaian produksi masa lalu dan peningkatan persediaan. Namun, ada peningkatan keyakinan seputar keseluruhan pesanan dan pesanan ekspor yang akan membantu mendukung produksi dalam beberapa bulan ke depan.

euro-area-business-confidence@2x

Indikator Sentimen Ekonomi turun menjadi 109,2 untuk bulan sebelumnya dari 109,7 sebelumnya.

Keyakinan membaik di sektor industri sementara terjadi penurunan sektor jasa di semua metrik. Sentimen seputar sektor ritel sedikit menurun sementara sentimen seputar sektor konstruksi membaik.

euro-area-economic-optimism-index@2x

Secara keseluruhan kepercayaan konsumen diadakan pada saat pembacaan awal -3,3 untuk bulan Mei dan peningkatan dari -3,6 di bulan April.

Ada kecenderungan bervariasi dalam pekerjaan dengan keuntungan dalam konstruksi diimbangi oleh nada lemah dalam perdagangan dan layanan eceran.

euro-area-consumer-confidence@2x

Ekspektasi harga konsumen turun di bulan Mei dan juga terjadi penurunan ekspektasi harga jual di sektor jasa, ritel dan konstruksi.

Keyakinan keseluruhan tetap pada tingkat tinggi dalam hal historis dan tren pertumbuhan akan tetap naik dalam jangka pendek.

ECB akan melihat bukti pada ekspektasi harga dan inflasi untuk mempertahankan ekspektasi mereka bahwa tekanan inflasi yang mendasarinya masih lemah. Dalam konteks ini, ECB akan tetap bertekad untuk mempertahankan tingkat tinggi akomodasi kebijakan moneter selama beberapa bulan ke depan.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here