Pasar Bergerak Tipis Dengan Liburnya Pasar AS, Inggris dan Tiongkok

553

Bursa saham A.S. libur pada perdagangan kemarin memperingati Memorial Day. Sedangkan Bursa Saham Eropa ditutup sebagian besar melemah pada hari Senin (29/05) menyusul penurunan harga minyak. Indeks CAC Perancis dan IBEX Spanyol berakhir melemah, sedangkan FTSE 100 London libur.

Pagi ini bursa Asia bergerak lemah dengan kurangnya arah perdagangan karena liburanya bursa Wall Street semalam dan bursa Tiongkok serta Hong kong hari ini. Indeks Nikkei turun -0,34 persen pada 19616.46. Indeks ASX 200 merosot -0,31 persen pada 5689.30. Sedangkan indeks Kospi turun -0,10 persen pada 2350.64.

Dari pasar komoditas, harga minyak mentah berjangka AS turun 0,4 persen di 49,61 dollar per barel pada perdagangan Selasa malam (29/05), dengan pasar AS libur, karena kenaikan lebih lanjut dalam produksi A.S. melemahkan upaya OPEC untuk mengurangi pasokan. Harga minyak mentah berpotensi lemah dengan kekuatiran peningkatan produksi AS. Namun potensi bargain hunting bisa terjadi setelah harga minyak turun.

Sedangkan harga emas spot LLG berakhir naik 0,1 persen menjadi $ 1,267.74 per ons pada Senin malam (29/05), dalam perdagangan tipis karena libur pasar AS, Inggris dan Tiongkok, dengan dolar yang lebih lemah dan sebuah kemunduran di pasar saham eropa membantu peningkatan permintaan emas. Harga emas selanjutnya akan bergerak turun dengan perdagagan masih tipis karena liburnya pasar Tiongkok dan Hong Kong hari ini. Namun jika malam nanti saat pasar AS dibuka, data ekonomi AS terealisir positif akan menguatkan dollar AS dan menekan harga emas..

Dari pasar valas, Poundsterling Inggris adalah satu-satunya yang bergerak kuat di antara mata uang utama pada hari Senin, pulih setelah hasil pooling akhir pekan menunjukkan bahwa Perdana Menteri Theresa May akan memenangkan pemilihan minggu depan. GBPUSD naik 0.35 % pada 1.2838. EURUSD  turun 0,14 persen pada 1.1163.. USDJPY turun 0,07 persen pada 111.24.  Malam nanti jika data Personal Income, Personal Spending dan Consumer Confidence terealisir naik akan mengutakan dollar AS.

Dari pasar modal Indonesia, pada penutupan perdagangan Senin sore (29/05), Indeks Harga Saham Gabungan berakhir turun 0,1 persen ke  posisi 5712,33. Pelemahan IHSG tertekan aksi profit taking investor asing yang cukup besar. Secara fundamental tekanan bisa datang dari sentimen koreksi harga minyak mentah dan pelemahan bursa Asia. Dari dalam negeri, pelemahan rupiah dapat menekan bursa. Namun bargain hunting bisa terjadi setelah pelemahan kemarin. Secara teknikal  pergerakan   IHSG  untuk perdagangan selanjutnya, diperkirakan akan ada di kisaran support 5660-5692 dan resisten 5745-5777.  Saham-saham yang menarik untuk dicermati hari ini:  ADHI, CPIN, KAEF dan LSIP.

Hari ini pasar akan mencermati data Household Spending, Retail Sales, Unemployment Rate April Jepang, GDP Growth Rate Q1 Perancis, Business Confidence Mei Zona Eropa, Inflation Rate Mei Jerman, Personal Income, Personal Spending April, Consumer Confidence Mei AS.

Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here