Pertumbuhan Manufaktur Mei Jerman Naik Tertinggi 6 Tahun

404

Produksi pabrik-pabrik Jerman pada bulan Mei tumbuh pada kecepatan terkuat dalam lebih dari enam tahun, sebuah survei menunjukkan pada hari Kamis (01/06), menunjukkan bahwa manufaktur akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi terbesar di Eropa pada kuartal kedua.

Indeks Manajer Pembelian Markit (PMI) untuk manufaktur, yang menyumbang sekitar seperlima dari ekonomi Jerman, melonjak menjadi 59,5 dari 58,2 di bulan April. Itu adalah level tertinggi sejak April 2011 dan menempatkan indeks jauh di atas garis 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi untuk 30 bulan berturut-turut.

germany-manufacturing-pmi@2x

Angka akhir datang sedikit lebih baik daripada pembacaan kilat sebelumnya 59,4. Produksi, pesanan baru dan pekerjaan semua meningkat pada tingkat tercepat dalam sekitar enam tahun.

Pertumbuhan bisnis ekspor baru mencapai level tertingginya dalam tujuh tahun. Produsen yang mengambil bagian dalam survei ini menunjukkan permintaan yang kuat dari konsumen Asia, IHS Markit mengatakan, dan permintaan domestik untuk barang industri juga tetap solid.

Survei tersebut juga menunjukkan penurunan tekanan harga karena inflasi harga input melambat untuk pertama kalinya sejak Juli 2016. Inflasi harga output turun untuk bulan ketiga berturut-turut.

Inflasi konsumen Jerman melambat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei jatuh di bawah target 2 persen Bank Sentral Eropa, data menunjukkan pada hari Selasa, mengambil beberapa tekanan dari ECB untuk menurunkan stimulus moneter dalam waktu dekat.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here