Pertumbuhan Manufaktur Mei Tiongkok Kontraksi Pertama Dalam 11 Bulan

496

Pertumbuhan manufaktur Tiongkok kontraksi untuk pertama kalinya dalam 11 bulan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Kamis (01/06), karena produksi dan pesanan baru melambat dan perusahaan melepaskan pekerjaan.

Indeks Pembelian Manajer Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Manager (PMI) turun menjadi 49,6 di bulan Mei, lebih rendah dari perkiraan 50,1 oleh analis yang disurvei oleh Reuters dan lebih rendah dari 50,3 bulan April.

Angka di atas 50,0 mengindikasikan ekspansi di bidang manufaktur, dan pembacaan di bawah tingkat tersebut menunjukkan adanya kontraksi dalam aktivitas.

“Pertumbuhan produksi yang lebih lembut mencerminkan kenaikan total pesanan baru yang relatif teredam pada bulan Mei,” Caixin dan IHS Markit mengatakan dalam siaran pers bersama.

“Selanjutnya, pertumbuhan dalam pesanan baru juga paling lambat terlihat sejak kenaikan saat ini dimulai pada bulan Juli 2016. Data menunjukkan bahwa permintaan pelanggan relatif terjaga baik di dalam maupun di luar negeri, dengan penjualan ekspor baru meningkat dengan kecepatan yang sama marjinal,” tambahnya.

Kontraksi dalam pembacaan PMI Caixin kontras dengan pembacaan resmi yang dirilis pada hari Rabu, yang menunjukkan PMI untuk bulan Mei datang di 51,2 – lebih tinggi dari 51,0 yang diperkirakan dan bahkan dengan 51,2 pada bulan April. Sementara itu, layanan resmi China PMI naik menjadi 54,5 di bulan Mei dari 54,0 di bulan April.

Dibandingkan dengan PMI resmi, survei Caixin / Markit cenderung lebih berfokus pada produsen kecil dan menengah, menunjukkan bahwa perusahaan kecil mendapat tekanan lebih besar daripada rekan mereka yang lebih besar dan didukung negara.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here