Pertumbuhan Manufaktur Mei Zona Eropa Naik Tertinggi 6 Tahun

395

Indeks manufaktur PMI Markit zona Eropa terakhir tidak berubah dari bacaan awal 57,0 dan juga sejalan dengan harapan konsensus, demikian rilis Kamis (01/06).

Angka lebih kuat dari angka 56,7 bulan April dan pembacaan tertinggi selama 73 bulan.

euro-area-manufacturing-pmi@2x

Produksi meningkat pada laju tercepat selama 6 tahun sementara pertumbuhan pesanan menjadi yang terkuat selama 74 bulan. Permintaan domestik kuat dan pesanan ekspor juga meningkat dengan laju tercepat sejak 2011.

Pesanan backlogs juga meningkat pada tingkat tercepat selama 6 tahun dan terjadi peningkatan lebih lanjut pada lead time vendor seiring dengan meningkatnya kapasitas.

Ada juga nada kuat dalam pekerjaan dengan tingkat pertumbuhan pekerjaan tercepat dalam 20 tahun sejarah survei.

Semua negara kecuali Yunani mencatat ekspansi untuk bulan Mei dan indeks Yunani meningkat ke level tertinggi 9-bulan yang memberikan sedikit dorongan. Ada revisi turun ke angka terakhir Prancis dan indeks Italia turun ke level terendah 3-bulan.

Ada tekanan lebih lanjut pada harga, meskipun tingkat kenaikan biaya input paling lambat selama enam bulan. Meskipun ada peningkatan bukti harga pemasok, kenaikan harga produksi paling lambat selama empat bulan.

Data secara keseluruhan akan menjaga kepercayaan pada prospek pertumbuhan, terutama dengan bukti adanya tren investasi yang lebih kuat. Data harga akan memperkuat ekspektasi ECB bahwa tekanan inflasi secara keseluruhan akan tetap terjaga meski pertumbuhan produksi lebih kuat.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here