Bursa Eropa Naik Tinggi Semalam; Pengunduran AS Dari Kesepakatan Iklim Paris Bisa Mengganggu

548

Pasar Eropa ditutup menguat pada hari Kamis malam (01/06), dengan Italia menetapkan langkah di tengah revisi ke atas yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi kuartal pertama.

Indeks FTSE berakhir pada 7543.77, naik 23.82 poin atau 0,32%

Indeks DAX berakhir pada 12664.92, naik 49,86 poin atau  0,40%

Indeks CAC berakhir pada 5342. naik 59 poin atau 1,11%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10881.00, naik 1.00 poin atau 0,01%

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir 0,43 persen lebih tinggi dengan saham otomotif memimpin kenaikan. Auto Trader melonjak menuju puncak benchmark Eropa pada hari Kamis setelah upgrade Barclays. Bisnis klasifikasi iklan yang berbasis di London melihat sahamnya melonjak 4,5 persen pada sesi tersebut.

Saham Vivendi ditutup menguat 2 persen. Kelompok media Prancis memperoleh persetujuan Uni Eropa awal pekan ini karena rencananya untuk menguasai Telecom Italia. Yang terakhir ini mengumumkan bahwa CEO Vivendi akan menjadi chairman.

Saham minyak dan gas beringsut lebih tinggi setelah berfluktuasi untuk sebagian besar sesi. Presiden Donald Trump akan memutuskan apakah A.S. akan menarik diri dari kesepakatan iklim global di kemudian hari Kamis. Menjelang pengumuman tersebut, Brent naik tipis 0,6 persen, diperdagangkan pada sekitar $ 51,09 per barel, sementara WTI bergerak 1,03 persen lebih tinggi untuk mencapai $ 48,83 sesaat setelah penutupan Eropa.

Melihat saham individu, Banco Popular mencapai titik terendah benchmark Eropa, turun lebih dari 17 persen. Badan pengawas perbankan Eropa mengatakan bank Spanyol harus ditutup jika gagal menemukan pembeli, Reuters melaporkan.

Petrofac tergelincir lebih dari 1,1 persen setelah Moody’s menurunkan peringkat saham menjadi status “sampah” dengan kekhawatiran bahwa penyelidikan kecurangan dapat menghambat kemampuannya untuk memenangkan kontrak atau bisa mengakibatkan denda berat.

Sementara itu, di A.S., rata-rata industri Dow Jones dan indeks S & P 500 yang lebih luas keduanya berlanjut lebih tinggi pada hari Kamis menyusul data pekerjaan swasta yang kuat menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat.

Biro statistik nasional Italia mengatakan permintaan domestik yang lebih kuat dari perkiraan telah mendorong pertumbuhan ekonomi dalam tiga bulan pertama tahun ini. Perekonomian zona Eropa tumbuh 0,5 persen pada kuartal pertama, dua kali lebih cepat dari sebelumnya yang ditunjukkan oleh data awal yang diposting minggu lalu. FTSE MIB naik 1 persen lebih tinggi pada hari Kamis.

Data dari Nationwide menunjukkan pada hari Kamis bahwa harga rumah di Inggris turun untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Mei untuk pertama kalinya sejak 2009.

Investor juga memperhatikan komentar dari pejabat Bank Sentral Eropa setelah sebuah laporan Reuters awal pekan ini mengindikasikan bahwa bank sentral akan memulai diskusi yang lamban minggu depan. Ewald Nowotny, gubernur National Bank of Austria, mengatakan pada hari Rabu bahwa tingkat inflasi mungkin akan tetap rendah dalam jangka panjang dan target ECB kemungkinan akan dipertanyakan. Jens Weidmann, dari Bundesbank Jerman, dijadwalkan berbicara pada pukul 5:00 waktu London di Seminar Konstanz.

Presiden AS Donald Trump akhirnya mengumumkan bahwa AS menarik diri dari kesepakatan iklim Paris.

Trump juga mengatakan akan memulai pembicaraan untuk kembali memasukkan kesepakatan tersebut dengan apa yang dia sebut kesepakatan “lebih adil”, namun segera disanggah oleh beberapa pemerintah Eropa.

Lihat : Trump Umumkan AS Keluar Dari Kesepakatan Iklim Paris; Pasar Asia Tenang, Pasar Eropa Akankah Terganggu?

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan keputusan pengunduran diri AS dari kesepakatan iklim Paris, yang memicu kekuatiran gangguan bisnis dengan perusahaan AS. Namun bursa juga akan mencermati data ekonomi baik kawasan Eropa maupun AS.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here