Pekerjaan Swasta AS Bulan Mei Rebound Dari Terendah 6 Bulan

389
Vibizmedia Photo

Perusahaan A.S. pada bulan Mei mempekerjakan lebih banyak pekerja daripada yang diperkirakan, untuk rebound dari level terendah enam bulan di bulan sebelumnya.

Pengusaha swasta A.S. menambah 253.000 pekerjaan di bulan Mei, di atas ekspektasi ekonom, sebuah laporan yang ditunjukkan pada hari Kamis.

united-states-adp-employment-change@2x

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan ADP National Employment Report menunjukkan kenaikan 185.000 pekerjaan, dengan perkiraan berkisar antara 155.000 sampai 240.000.

Kenaikan perusahaam swasta di bulan sebelumnya direvisi turun menjadi 174.000 dari kenaikan yang dilaporkan terjadi 177.000, yang merupakan yang terendah sejak Oktober. Laporan ini dikembangkan bersama dengan Moody’s Analytics.

Kepala ekonom Moody’s Analytics Mark Zandi mengatakan bahwa ekonomi A.S. tumbuh sekitar 2 persen, penciptaan lapangan kerja sekitar 200.000 per bulan jauh lebih besar daripada pertumbuhan angkatan kerja, yang akan membuat pasar tenaga kerja semakin ketat.

Pasar tenaga kerja yang membaik kemungkinan akan mendukung ekspektasi pedagang bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.

Pedagang saat ini mengantisipasi 94,7 persen kemungkinan Fed akan menaikkan suku bunga hingga seperempat poin pada pertemuan 13-14 Juni, menurut data Thomson Reuters.

Angka ADP datang menjelang laporan non farm payroll Departemen Tenaga Kerja AS yang lebih lengkap pada hari Jumat, yang mencakup pekerjaan sektor publik dan swasta.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters mmeperkirakan total non farm payroll berubah sebesar 185.000.

Tingkat pengangguran diperkirakan akan tetap stabil pada 4,4 persen yang tercatat sebulan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here