Safe Haven Yen 2 Juni Tertekan Kuat Penguatan Bursa Saham Global

306

Kuatnya perdagangan bursa saham global hingga mencetak rekor tinggi seperti indeks Dow Jones mencetak posisi tertinggi sepanjang sejarah dan indeks Nikkei mencetak rekor tinggi sejak Agustus 2015, membuat posisi safe haven yen semakin tertekan. Pasalnya kuatnya perdagangan aset beresiko membuat perdagangan safe haven seperti yen alami tekanan jual.

Lihat: Bursa Wall Street Berakhir Naik Tinggi

Pelemahan lanjutan yen membuat pair USDJPY terus melaju kuat pada perdagangan sesi Asia hari Jumat (1/6) sekalipun dollar AS sedang bergerak ragu-ragu terhadap banyak rival utamanya. Kekuatan pair USDJPY juga datang dari tingginya yield obligasi Amerika yang perdagangan sebelumnya anjlok cukup parah.

Untuk perdagangan selanjutnya, nilai yen Jepang masih akan dipengaruhi oleh sentimen penggerak dollar AS dan juga pergerakan bursa saham global seperti Eropa dan bursa Amerika.

Pergerakan pair USDJPY  sesi Asia (09:30:21 WIB)  bergerak kuat setelah  dibuka  turun pada posisi   111.33  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini naik ke  posisi 111.60 yang telah melewati resisten kuatnya. Akhir perdagangan sebelumnya  pair USDJPY ditutup bullish di kisaran 111.36.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal, pair USDJPY berpotensi bergerak kuat terbatas, akan terjadi koreksi jika pada sesi Eropa tidak berhasil tembus resisten lemahnya di 111.85.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here