Bursa Asia Tergelincir, Obligasi Australia Turun Terendah Tujuh Bulan

297

Imbal hasil obligasi pemerintah Australia turun ke level terendah tujuh bulan, sementara harga emas memperpanjang kenaikan yang terjadi pada hari Jumat paska di rilisnya laporan pekerjaan A.S. yang lebih lemah dari perkiraan. Pound jatuh setelah serangan teror di London.

Mantan Direktur FBI James Comey akan bersaksi di depan Kongres setelah pemecatannya oleh Donald Trump.

Pemilih Inggris akan memberikan suaranya pada hari Kamis. Survei pemilih selama beberapa minggu terakhir mengindikasikan perlombaan yang ketat dan juga meningkatkan kemungkinan bahwa Perdana Menteri Theresa May tidak mendapatkan peningkatan mayoritas yang dia harapkan.

Keputusan kebijakan dari bank sentral di India dan Australia akan jatuh tempo dalam minggu ini, demikian juga dengan data perdagangan dan inflasi Tiongkok, pesanan pabrik A.S., data output industri Eropa dan laporan PDB untuk wilayah Australia, Jepang dan Euro.

Mata uang

Yen turun 0,2 persen menjadi 110,58 per dolar pada pukul 12.15 di Tokyo. Mata uang Jepang naik 0,9 persen pada Jumat setelah data A.S. dirilis sementara saat itu Indeks Spot Bloomberg Dollar turun 0,4 persen.

Pound turun 0,2 persen menjadi $ 1,2864. Euro tergelincir 0,1 persen menjadi $ 1,1271, mendekati level tertinggi tujuh bulan yang dicapai setelah laporan pekerjaan.

Peso Meksiko naik 0,5 persen, membalikkan penurunan sebelumnya sebesar 0,8 persen setelah sebuah penghitungan menunjukkan PRI berada didepan lawan-lawannya menjelang pemilihan gubernur baru di negara bagian terbesar di Meksiko. Pemilih pergi ke tempat pemungutan suara pada hari Minggu untuk memberikan suara dalam sebuah pemilihan yang secara luas dilihat sebagai pratinjau kemungkinan pemilihan umum tahun depan.

PBOC menetapkan nilai tukar harian yuan berada pada 6.7935 per dolar, kenaikan suku bunga hari Jumat lalu mendorong kenaikan nilai tukar ke tingkat terkuat sejak November.

Obligasi

Imbal hasil pada data Treasury 10-tahun tercatat sebesar 2,16 persen sementara imbal hasil pada obligasi pemerintah Australia selama 10 tahun turun tiga basis poin menjadi 2,38 persen.

Saham

Indeks Topix Jepang turun 0,1 persen, mengupas penurunan sebelumnya 0,6 persen. Indeks tersebut ditutup pada hari Jumat di tertinggi sejak Agustus 2015.

Hang Seng Hong Kong turun 0,2 persen, sementara Shanghai Composite Index tergelincir 0,4 persen.

Indeks S & P / ASX 200 Australia kehilangan 0,8 persen karena saham finansial merosot, dan indeks Kospi Korea Selatan bergerak datar.

Komoditi

Emas naik 0,1 persen pada $ 1,280.34 per ounce, setelah sebelumnya naik 1 persen pada hari Jumat.

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,4 persen menjadi $ 47,87 per barel, setelah turun 1,5 persen pada hari Jumat. Arab Saudi, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, meningkatkan krisis yang dimulai atas hubungan Qatar dengan Iran dan dukungannya terhadap Ikhwanul Muslimin.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here