Bursa Shanghai 5 Juni Ditutup Negatif; Kebijakan Regulator Sekuritas Khawatirkan Investor

387
bursa shanghai

Indeks Shanghai ditutup jatuh pada hari ini (05/06), penawaran saham perdana untuk umum bahkan gagal menutupi kerugian besar di sektor keuangan dan kesehatan.

Pada penutupan perdagangan, indeks melemah -14,01 poin, atau -0,45 persen, pada level 3091,53.

China Securitires Regulator Commission (CSRC) telah menyetujui pada hari Jumat bahwa hanya empat IPO yang akan dilakukan, diharapkan mengumpulkan dana hingga 1,5 miliar yuan atau setara 220,48 juta dolar A.S., namun penawaran saham ke publik tidak seperti biasanya dalam seminggu, yang seharusnya dilaksanakan tujuh IPO.

Dalam beberapa pekan terakhir, CSRC biasanya menyetujui sepuluh IPO baru dalam satu batch, yang bertujuan untuk mengumpulkan sekitar 6 miliar yuan. Ekspektasi IPO yang berlanjut dalam beberapa bulan terakhir telah menekan pasar, khususnya saham-saham kecil dengan valuasi yang relatif lebih tinggi.

Analis mengatakan, CSRC berniat menopang pasar dengan memberikan peraturan baru di sektor keuangan dan likuiditas yang lebih ketat. Namun, kondisi ini juga membuat penurunan tajam dalam saham keuangan, khususnya saham perbankan, yang membawa indeks saham perbankan terburuk sejak pertengahan Desember.

Regulator sekuritas menerbitkan serangkaian peraturan baru yang bertujuan untuk membantu menjaga stabilitas di pasar saham, tapi justru membuat investor berhati-hati dan menimbulkan kekhawatiran yang berlarut-larut atas pertumbuhan ekonomi dan peraturan yang lebih ketat.

Di tengah kondisi pasar yang seperti ini, sektor jasa Tiongkok justru mampu meredam reaksi pasar karena berhasil meraih laju tercepat dalam empat bulan di bulan Mei.

Kinerja saham utama pada hari ini, sebagian besar melemah, dipimpin oleh saham keuangan dan kesehatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak lemah dengan kekuatiran investor terkait kebijakan regulator sekuritas. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 2994-2914, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 33196-3290.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here