Data PMI Tiongkok Bantu Rally AUDUSD 5 Juni

256

Jelang akhir perdagangan sesi Asia hari Senin (5/6) nilai mata uang komoditas yang sempat dibuka melemah dari akhir perdagangan lalu, berhasil bergerak kuat oleh beberapa sentimen positif yang menopang kurs aussie dollar dalam pair AUDUSD. Pair menerima kekuatan dari rebound harga minyak mentah dan rilis data Tiongkok di tengah kekuatan dollar AS.

Caixin melaporkan data services PMI Tiongkok menunjukkan peningkatan dari data sebelumnya dan juga ekspektasi. Selain itu aussie menerima kekuatan balik oleh rebound harga minyak mentah yang sempat masih turun di awal sesi pasca buruknya sentimen negatif yang menekan harga minyak.

Lihat: Harga Minyak Mentah Mingguan Anjlok 4 Persen; Peningkatan Produksi AS Penyebab Utama

Pergerakan kurs aussie  sesi Asia (11:25:46 WIB)  bergerak  kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah  pada  0.7425  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir naik pada posisi 0.7454.

Untuk pergerakan selanjutnya secara teknikal pair AUDUSD masih mendapat sinyal bullish melanjutkan perdagangan akhir pekan lalu. Pair akan semakin kuat menuju resisten lemahnya jika pada sesi Eropa posisi kekuatan dollar AS menyusut kembali menerima sentimen negatif dari rilis data PMI pada sesi malam.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here