Harga Karet Tocom 5 Juni Merosot 1 Persen; Minggu Lalu Anjlok 9 Persen

437

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Senin siang (05/06) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom mengikuti pelemahan harga karet di bursa komoditas Shanghai.

Kontrak karet paling aktif di Shanghai Futures Exchange untuk pengiriman September turun 45 yuan atau 0,4 persen menjadi berakhir pada 12.485 yuan per ton.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Oktober 2017 berakhir turun sebesar -2,5 yen atau -1,3 persen, menjadi 191,5 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 194,1 yen per kilogram.

Untuk minggu lalu harga karet Tocom anjlok 8,9 persen, dimana dalam seminggu harga terus mengalami penurunan. Anjloknya harga karet Tocom minggu lalu sebagian besar tergerus pelemahan minyak mentah, penguatan Yen dan buruknya data manufaktur Tiongkok yang meningkatkan kekuatiran pelemahan permintaan Tiongkok.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi melemah mengikuti pelemahan bursa Shanghai. Namun jika harga minyak mentah terus menguat, dapat mendorong kenaikan harga karet Tocom..

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Support di 187,00 yen dan 182,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 197,00 dan 202,00 yen jika harga berada di teritori positif.

 Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
 Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here