Profit Taking Menyerang Yen, USDJPY 5 Juni Rebound Kuat

291

Pasca serangan teroris di Inggris akhir pekan lalu dan anjloknya imbal hasil obligasi AS, kurs safe haven yen sempat dibuka kuat awali perdagangan sesi Asia pekan ini pada hari Senin (5/6). Namun terpangkas kembali oleh kuatnya dollar AS dalam pair USDJPY dan kuatnya perdagangan sesi Asia menerima kekuatan positif dari mantapnya data PMI  Tiongkok serta penguatan harga minyak mentah.

Pair USDJPY yang akhir pekan lalu masuki pelemahan 3 pekan oleh buruknya rilis data NFP AS bulan Mei, bangkit kembali sekalipun pada sesi Amerika sedikit sekali moment yang mempertahankan usaha rebound pair. Untuk penggerak mata uang yen dari rilis data ekonomi lokal minim sekali sehingga berpotensi koreksi kembali.

Pergerakan pair USDJPY  ujung sesi Asia (11:40:21 WIB)  bergerak kuat setelah  dibuka  turun pada posisi   110.36  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini naik ke  posisi 110.67. Akhir perdagangan sebelumnya  pair USDJPY ditutup bearish di kisaran 110.40.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal, pair USDJPY berpotensi bergerak kuat yang dibatasi oleh sentimen negatif yang membayangi pergerakan dollar AS terhadap banyak uang lainnya sekalipun akhir pekan lalu imbal hasil obligasi Amerika ditutup lebih lemah.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here