Bursa Eropa 6 Juni Bergerak Lemah; Sektor Perawatan Kesehatan dan Perbankan Merosot

452

Pasar Saham Eropa bergerak melemah pada hari Selasa (06/06) di tengah keretakan politik antara Qatar dan beberapa negara Arab lainnya dan karena investor mengambil pendekatan hati-hati menjelang pemilihan umum di Inggris dan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks FTSE bergerak pada 7508.94, turun -16,82 poin atau -0,22%

Indeks DAX bergerak pada 12763.42, turun -59.52 poin atau -0.46%

Indeks CAC bergerak pada 5277.33, turun -30,56 poin atau -0,58%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10840.30, turun -44.40 poin atau -0.41%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,38 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor bergerak turun. Perawatan kesehatan adalah sektor dengan kinerja terburuk dalam transaksi awal, menyusul berita bahwa percobaan klinis dari Roche menghasilkan hanya sedikit manfaat bagi wanita dengan jenis penyakit tertentu. Saham Roche turun hampir 5 persen pada awal perdagangan.

Banco Popular memulai hari perdagangan sekali lagi di antara saham berkinerja terburuk namun pulih beberapa saat kemudian. Barclays telah memangkas target harga pada pemberi pinjaman Spanyol, yang telah berjuang untuk meyakinkan investor sejak laporan muncul pekan lalu bahwa ia harus ditutup, jika tidak menemukan pembeli.

Secara lebih luas, saham perbankan turun 0,4 persen karena investor tidak melihat ECB mengubah sikap kebijakan moneternya pada hari Kamis. Bank-bank Italia lebih rendah, dengan BPM turun 1,3 persen. Menurut Reuters, bank sentral San Marino, sebuah perusahaan mikro di Italia, berencana untuk menyuntikkan uang ke pemberi pinjaman yang sakit yang memiliki 1,8 miliar euro ($ 2 miliar) kredit macet kotor.

Peritel mewah Inggris Burberry turun hampir 2 persen dalam transaksi awal setelah HSBC menurunkannya dari “hold” ke “reduce”.

EasyJet naik lebih dari 1,5 persen dalam transaksi awal setelah melaporkan kenaikan 9,5 persen pada jumlah penumpang di bulan Mei.

Arcelormittal mengalami penurunan hampir 2 persen pada transaksi awal. Pemerintah Italia telah memutuskan untuk mendukung tawaran 1,8 miliar euro ($ 2 miliar) perusahaan tersebut untuk mengakuisisi Ilva Steel bersama Marcegaglia.

Harga minyak ditundukkan Selasa pagi karena kekhawatiran bahwa sebuah keretakan politik di Timur Tengah dapat melemahkan penurunan produksi yang sedang berlangsung yang dipimpin oleh negara-negara OPEC. Negara-negara seperti Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang menyalahkannya untuk mendukung militan Islam.

Dari sisi data, akan ada rilis layanan PMI zona Eropa (purchasing managers ‘index) pukul 09:10 waktu London dan penjualan eceran pukul 10:00 waktu London.

Di Inggris, mantan penasihat utama David Cameron telah meminta pemimpin Konservatif Theresa May untuk mengundurkan diri mengingat perannya dalam melanjutkan pemotongan kebijakan saat memimpin Kantor Rumah Tangga. Komentar tersebut datang hanya beberapa hari sebelum pemilih Inggris memilih Parlemen baru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah terpicu pelemahan minyak mentah pasca putusnya hubungan diplomatik Qatar dengan negara Arab lainnya, ketidakpation politik Inggris jelang pemilu dan menantikan hasil pertemuan ECB.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here