Bursa Shanghai 6 Juni Berakhir Menguat Ditopang Optimisme Ekonomi

390
bursa shanghai

Perdagangan saham di bursa Tiongkok berakhir menguat pada hari Selasa (06/06), yang didukung kuat dari saham konsumen dan keuangan, karena investor masih menunggu dampak peraturan baru mengenai penawaran umum perdana dan menjelang data ekonomi yang bulan Mei.

Indeks Shanghai berhasil menambahkan 10,68 poin, atau 0,35 persen, pada level 3102,33.

Perekonomian Tiongkok kemungkinan akan tetap stabil pada bulan Mei, didukung oleh kenaikan kuat dalam perdagangan dan investasi karena hubungan ekonomi dengan Amerika Serikat mengambil jalur positif dan belanja infrastruktur yang mendorong pertumbuhan domestik.

Dalam sebuah jajak pendapat Reuters mengenai indikator dari output industri dan industri terhadap pinjaman dan investasi properti, diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan ekonomi bertahan sampai kuartal kedua, dan mematahkan kekhwatiran perlambatan ekonomi yang tajam.

Namun, sentimen ini dilemahkan dengan pemberitaan bahwa regulator sekuritas akan mempertahankan kebijakan mengenai daftar baru IPO, meningkatkan kekhawatiran di kalangan investor bahwa laju IPO tidak akan berjalan seperti yang diharapkan.

Menurut analis, saat ini valuasi dari banyak ekuitas masih cukup tinggi, terutama pada saham-saham kecil.

Ekspektasi pasokan ekuitas lebih banyak dapat membebani saham-saham kecil tersebut.

Kinerja saham pada hari ini sebagian besar menguat, dengan saham konsumen memimpin kenaikan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak naik dengan optimisme data ekonomi, namun akan tetap dibayangi kekuatiran pengetatan kebijakan keuangan dan pasar saham.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here