Optimisme Ekonomi Euro Tertinggi 1 Dekade, Laju EURUSD 6 Juni Dibatasi

415

Pada perdagangan sesi Eropa hari Selasa (6/6) terdapat rilis data ekonomi kawasan Euro yang mixed. Dan dari 3 data yang dirilis seperti data retail PMI, retail sales dan sentix investor confidence, hanya data dari Sentix yang memberikan sentimen cukup menggembirakan dengan indeksnya capai posisi tinggi dalam satu dekade pada periode bulan Juni.

Data dari sentix tersebut memberikan tenaga optimisme bagi prospek pertumbuhan ekonomi kawasan Euro. Namun fundamental mata uang kawasan Euro tersebut masih dibayangi oleh kondisi utang Yunani sehingga memberikan beban bagi usaha rebound pair EURUSD hari ini. Potensi rebound EURUSD didapat dari anjloknya perdagangan bursa saham yang membuat salah satu mata uang safe haven tersebut konsolidasi.

Pergerakan pair EURUSD sesi Eropa (16:50:21 WIB)  bergerak konsolidasi setelah  dibuka flat pada posisi   1.1252  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  EURUSD kini bergulir turun di posisi 1.1247  dan sebelumnya sempat menyentuh posisi tertinggi di 1.1277.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal EURUSD mensinyalkan pergerakan bullish,  jika pada sesi Amerika  terpantau dollar AS terkoreksi semakin dalam. Namun akan lanjutkan pergerakan bearish jika usaha bullish di sesi Eropa tidak sampai resisten kuatnya di 1.1290.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here