PM Australia Umumkan Serangan Teroris, Aussie Mendadak Turun

361

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull beberapa saat lalu hari Selasa(6/6) mengumumkan kepada pers di Canberra bahwa pembunuhan dan penyanderaan yang terjadi di sebuah gedung apartemen di Melbourne hari Senin (5/6) merupakan serangan teroris  dari kelompok ISIS. Dalam peristiwa tersebut polisi setempat berhasil menembak pelakunya yang juga memiliki catatan kriminal dan sedang dalam pembebasan bersyarat.

Merespon pengumuman tersebut, nilai mata uang aussie yang sempat bergerak naik pasca pengumuman suku bunga RBA yang tidak berubah dari periode sebelumnya turun kembali ke posisi terendah yang dicapai awal sesi. Di awal sesi aussie sempat bergerak negatif sampai RBA umumkan kebijakannya karena posisi harga minyak mentah yang masih koreksi.

Pergerakan kurs aussie  sesi Eropa(13:15:46 WIB)  bergerak lemah  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih tinggi pada  0.7485  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir naik pada posisi 0.7464.

Untuk pergerakan selanjutnya secara teknikal pair AUDUSD masih mendapat sinyal bullish melanjutkan rally perdagangan sebelumnya, namun lemahnya kekuatan fundamental pair membuat pergerakannya retreat. Perdagangan sebelumnya pair berhasil mencapai posisi tertinggi dalam 8 hari perdagangan.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here