Bursa Eropa 7 Juni Mixed Menantikan Pemilu Inggris dan Pertemuan ECB

493

Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada hari Rabu (07/06) menjelang Pemilu Inggris dan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks FTSE bergerak pada 7538.46, naik 13,51 atau 0,18%

Indeks DAX bergerak pada 12681.17, turun -8,95 poin atau -0,07%

Indeks CAC bergerak pada 5288.71, naik 19.49 poin atau 0,37%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10825.20, turun -54.50 poin atau -0.50%

Indeks Pan-European Stoxx 600 lebih tinggi 0,14 persen dengan tiga bursa utama bergerak ke arah yang berbeda. Saham kimia memimpin penurunan pada transaksi pertengahan pagi dengan saham Covestro turun sebanyak 3,6 persen setelah Bayer mengatakan telah membuat kemajuan substansial dalam mengurangi kepemilikan komponen pembuat plastik Jerman tersebut.

Saham ritel juga turun pada laporan pendapatan. Steinhoff yang berbasis di Afrika Selatan termasuk di antara kelompok terendah di Eropa, turun 3,4 persen, meski melaporkan kenaikan laba usaha setengah tahun sebesar 13 persen, Reuters melaporkan.

Sebaliknya, media menjadi salah satu sektor dengan kinerja terbaik dalam berita bahwa Vivendi multinasional Prancis menandatangani sebuah kesepakatan untuk membeli saham mayoritas di Grup Havas. Saham tersebut naik 3 persen pada perdagangan tengah hari.

Menjadi berita yang hangat dibicarakan pada hari Rabu adalah akuisisi Santander terhadap Banco Popular dengan satu euro. Mantan saham tersebut turun sebanyak 3 persen pada awal perdagangan setelah mengumumkan rencana untuk menaikkan 7 miliar euro ($ 7,9 miliar) untuk menopang Banco Popular yang bermasalah. Santander mengatakan bahwa membeli Populer akan mempercepat pertumbuhan dan margin keuntungan dari 2019 dan seterusnya. Saham telah pulih sejak saat itu, turun 1 persen pada pertengahan pagi.

“Ini adalah hasil yang baik bagi bank, mengingat situasi yang telah dicapai dalam beberapa pekan terakhir, karena ini berarti perlindungan maksimum bagi deposan dan kelangsungan operasi bank,” Luis de Guindos, menteri ekonomi Spanyol, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Angka yang dirilis Rabu pagi menunjukkan pesanan pabrik baru di Jerman turun lebih dari yang diperkirakan pada April. Pesanan pabrik bulanan turun 2,1 persen di bulan April, mengangkat beberapa kekhawatiran mengenai stabilitas ekonomi Jerman.

Sementara itu, jajak pendapat terus menunjukkan kemenangan partai Konservatif pada hari Kamis namun kepemimpinannya atas partai Buruh terus berubah. Kesenjangan semacam itu akan menjadi kunci untuk menentukan seberapa kuat pemerintahan baru Inggris, terutama untuk melakukan perundingan Brexit dengan UE. Sterling sedikit melemah pada perdagangan Rabu pagi di $ 1,2897.

Di Prancis, jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa partai Presiden Emmanuel Macron ditetapkan untuk memenangkan mayoritas parlemen terbesar sejak 1968 akhir bulan ini.

Pada radar investor juga merupakan pertemuan ECB, di mana pembuat kebijakan diharapkan untuk mengambil nada yang kurang dovish. Sementara itu, mereka dengan hati-hati mengamati keretakan politik antara Qatar dan beberapa negara lain di Timur Tengah.

Harga minyak bergerak sedikit lebih rendah dengan Brent sekitar $ 50 per barel pada hari Rabu pagi tertekan oleh kelebihan pasokan, meskipun keretakan Timur Tengah mendukung komoditas tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah menantikan tiga peristiwa penting pada Kamis besok. Namun juga akan mencermati harga minyak mentah dan data ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here