Cadangan Devisa Mei Tiongkok Naik 4 Bulan Berturut

685

Cadangan devisa Tiongkok naik tipis pada bulan Mei untuk bulan keempat berturut-turut dan lebih dari perkiraan pasar, karena langkah-langkah pengendalian modal yang ketat dan pelemahan dolar membantu arus keluar yang stabil.

Cadangan devisa naik $ 24 miliar di bulan Mei menjadi $ 3,054 triliun, dibandingkan dengan kenaikan $ 21 miliar pada bulan April menjadi $ 3,03 triliun, data bank sentral menunjukkan pada hari Rabu (07/06).

china-foreign-exchange-reserves@2x

Ini adalah pertama kalinya cadangan naik empat bulan berturut-turut sejak Juni 2014.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan cadangan akan naik $ 10 miliar menjadi $ 3,04 triliun.

Tiongkok telah memperketat peraturan tentang memindahkan modal di luar negeri dalam beberapa bulan terakhir karena berusaha untuk mendukung mata uang yuan dan membendung penurunan dalam cadangan devisa.

Ini menghabiskan hampir $ 320 miliar cadangan tahun lalu namun yuan masih turun sekitar 6,5 persen terhadap dolar, penurunan tahunan terbesar sejak 1994.

Setelah memantapkan awal tahun ini sebagai respons terhadap dolar yang lesu, yuan tiba-tiba melonjak mendekati level tertinggi tujuh bulan dalam beberapa pekan terakhir setelah bank sentral mengubah cara menghitung titik acuan harian resmi untuk menghentikan ekspektasi depresiasi lebih lanjut.

Nilai cadangan emas Tiongkok turun menjadi $ 75.004 miliar pada akhir Mei, dari $ 75,019 miliar pada akhir April, data yang dipublikasikan di situs People’s Bank of China juga menunjukkan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here