ECB Pangkas Outlook Inflasi 2019, EURUSD Terjun Bebas

582

Pada perdagangan sesi Eropa hari Rabu (7/6) beredar berita kutipan draft proyeksi ECB terhadap tingkat inflasi kawasan Euro hingga tahun 2019, dimana bank sentral Eropa tersebut akan memangkas outlook inflasinya dan menaikkan outlook PDB kawasan tersebut 0,1 poin. Merespon berita ini, kurs euro yang sempat bergerak kuat sebelum pasar Eropa dibuka, terjun menuju posisi terendah perdagangan akhir pekan lalu.

Sebelumnya pair EURUSD sempat bergerak kuat merespon buruknya fundamental dollar AS menanti peristiwa penting di hari Kamis besok (8/6), bahkan mampu bertahan positif saat data pesanan pabrik Jerman dilaporkan kontraksi. Esok hari ECB akan umumkan kebijakan moneternya dan pasar harapkan diumumkan sinyal pengetatan kebijakan moneternya.

Pergerakan pair EURUSD sesi Eropa (17:30:21 WIB)  bergerak lemah setelah  dibuka flat pada posisi   1.1275  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  EURUSD kini bergulir turun di posisi 1.1209  dan sebelumnya sempat menyentuh posisi tertinggi di 1.1280.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal EURUSD mensinyalkan pergerakan bearish,  dan akan semakin tertekan menuju posisi supportnya oleh pergerakan kuat dollar AS merespon pemberitaan dari ECB ini. Sentimen ini juga melemahkan kurs euro terhadap rival lainnya pada EURGBP yang sempat menguat oleh kondisi politik di Inggris jelang pemilu besok.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here