Bursa Eropa 8 Juni Bergerak Naik Menantikan Pertemuan ECB dan Peristiwa Politik

415

Pasar Saham Eropa bergerak naik pada Kamis (08/06) menantikan peristiwa penting politik dan moneter.

Indeks FTSE bergerak pada 7484.26, naik 5,64 poin atau 0,08%

Indeks DAX bergerak pada 12716.22, naik 43,73 poin atau 0,35%

Indeks CAC bergerak pada 5275.22, naik 9,69 poin atau 0,18%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10912.50, naik 40.80 poin atau 0,38%

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,17 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor bergerak di wilayah positif. Sumber daya dasar dan saham utilitas termasuk di antara para pemain terbaik di perdagangan tengah hari. Berita bahwa para penambang bisa mulai menjajaki proyek litium di Republik Ceko dan beberapa upgrade rating mendukung sektor-sektor tersebut. Perusahaan utilitas E.ON termasuk di antara saham berkinerja terbaik di seluruh patokan Eropa, naik 1,8 persen.

Saham perbankan juga lebih tinggi menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa. Menurut Reuters, bank-bank Italia menilai sebuah rencana penyelamatan untuk Popolare di Vicenza dan Veneto Banca dengan menyuntikkan dana pribadi sebesar 1,2 miliar euro ($ 1,4 miliar) ke kreditur daerah. Bank Spanyol Santander naik 2 persen karena pulih dari beberapa kerugian pada hari Rabu setelah mengumumkan keputusan untuk membeli Banco Popolar yang bermasalah.

Pembuat kebijakan di Bank Sentral Eropa akan membahas masa depan kebijakan moneter untuk blok 19 anggota tersebut. Harapannya adalah bahwa mereka akan melanjutkan stimulus moneternya yang besar. Namun, mereka juga akan menerima prakiraan ekonomi terbaru. Beberapa laporan media menunjukkan ECB akan mengurangi prospek inflasi hingga 2019 dan meningkatkan proyeksi produk domestik bruto. Euro melemah terhadap dolar, di $ 1,1247.

Melihat saham individual, Auto Trader turun 4,7 persen pada perdagangan pertengahan pagi meskipun mengumumkan lonjakan 9 persen dalam pendapatan setahun penuh.

Petrofac adalah salah satu pemain terbaik di benchmark Eropa, naik 4,2 persen setelah menerima kontrak 10 tahun dari Petroleum Development Oman. Thyssenkrupp juga naik 3 persen pada transaksi pertengahan pagi menyusul kenaikan rating oleh Credit Suisse.
Pemilu Inggris berlangsung

Pemilih di Inggris menuju ke TPS, memilih Parlemen negara berikutnya. Jajak pendapat menjelang pemilihan tersebut mengindikasikan bahwa Perdana Menteri Theresa May akan memenangkan pemungutan suara dan meningkatkan mayoritas parlemennya.

Pada jam-jam terakhir kampanye tersebut, dia memfokuskan kembali pidatonya ke Brexit, beralih dari debat keamanan yang telah berhasil menyusul kampanye tersebut sejak sebuah serangan teroris Sabtu lalu.

Investor juga akan melihat ke A.S. di mana mantan Direktur FBI James Comey akan bersaksi di Senat setelah dipecat oleh Presiden Donald Trump atas sebuah penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan 2016. Kesaksian dimulai pukul 3 sore Waktu London

Di pasar komoditas, harga minyak sedikit meningkat pada hari Kamis pagi setelah mengalami kerugian besar di sesi sebelumnya. Data pada hari Rabu menunjukkan persediaan A.S. meningkat untuk pertama kalinya dalam 10 minggu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermai hasil tiga peristiwa penting pada Kamis ini. Namun juga akan mencermati harga minyak mentah dan data ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here