Bursa Shanghai 8 Juni Berakhir Naik Terdorong Peningkatan Cadangan Devisa dan Perdagangan

500

Indeks Shanghai di bursa Tiongkok Kamis (08/06) berakhir naik 0,34 persen atau 10.6082 poin pada 3.150,9331. Bursa Saham Shanghai memperpanjang kenaikan pada hari Kamis, didukung oleh peningkatan data cadangan devisa dan perdagangan yang lebih kuat dari perkiraan.

Pasar Tiongkok juga didukung oleh tanda-tanda membaiknya likuiditas dalam sistem keuangan dan ekspektasi yang berkembang bahwa penerbit indeks MSCI akan memutuskan untuk memasukkan saham China A dalam tolok ukurnya pada 20 Juni.

Data pada hari Rabu menunjukkan cadangan devisa China naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei ke level tertinggi tujuh bulan karena pembatasan modal yang lebih ketat dan dolar yang lemah mengurangi tekanan dari arus keluar modal.

Lihat : Cadangan Devisa Mei Tiongkok Naik 4 Bulan Berturut

Analis memperkirakan cadangan devisa meningkat lebih lanjut karena yuan telah pulih tajam terhadap dolar A.S. dalam beberapa pekan terakhir setelah bank sentral mengumumkan perang terhadap spekulan.

Sentimen positif mendorong lebih lanjut, Tiongkok melaporkan ekspor dan impor yang diperkirakan lebih kuat dari perkiraan selama Mei meskipun harga komoditas turun, menunjukkan ekonomi bertahan lebih baik dari perkiraan meski tingkat suku bunga kredit dan pasar properti meningkat.

Lihat : Ekspor Tiongkok Mei Naik Melebihi Perkiraan, Surplus Perdagangan Melebar

Namun, sebagian besar ekonom masih berpandangan bahwa ekonomi akan berangsur-angsur kehilangan momentum dalam beberapa bulan mendatang karena tindakan pendinginan properti dan biaya pembiayaan yang lebih tinggi menyeret investasi dan aktivitas bisnis.

Sebagian besar sektor maju. Keuntungan dipimpin oleh saham kesehatan dan konsumen defensif, yang indeksnya ditutup pada rekor tinggi sejak diluncurkan pada tahun 2005, karena investor menyukai blue-chips dengan valuasi lebih rendah dan fundamental yang baik.

Esok hari akan dirilis data inflasi Tiongkok, yang secara tahunan diindikasikan meningkat, namun secara bulanan menurun. Juga inflasi harga produsen yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak lemah jika data inflasi terealisir melemah. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here