Bursa Tokyo 8 Juni Berakhir Turun Tertekan Penguatan Yen

336
Photo by Vibizmedia

Bursa Tokyo berakhir turun pada hari Kamis (08/06), ditutup turun 0,38 persen atau 75,36 poin menjadi ditutup pada 19909.26. Bursa Saham Jepang melepas kenaikan awal untuk ditutup lebih rendah, karena yen naik mencermati berbagai peristiwa global.

Mata uang Yen menguat. Pasangan Dolar AS/Yen dalam sebagian besar sesi turun 0,3 persen menjadi 109,50 yen, tertekan oleh sebuah laporan bahwa Bank of Japan mempertimbangkan bagaimana akhirnya mengkomunikasikan strategi keluar dari stimulus moneternya.

Yen juga menguta mencermati berbagai peristiwa yang mmebuat investor berhati-hati. Perhatian pada saat para rakyat Inggris melakukan pemilihan umum, Bank Sentral Eropa mengadakan pertemuan kebijakan reguler dan mantan direktur FBI James Comey akan bersaksi kepada Senat A.S. pada hari Kamis.

Saham Toshiba melonjak 5,47 persen setelah perusahaan mengatakan pihaknya menargetkan untuk mengumumkan pemenang tender untuk unit semikonduktor minggu depan, Reuters melaporkan. Toshiba menempatkan unit chip memori yang dijualnya dalam upaya untuk menyelesaikan masalah di neraca yang berasal dari kerugian yang dikeluarkan oleh Westinghouse Electric, unit nuklir A.S.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Jepang selanjutnya akan bergerak kuat jika dollar AS menguat jika ECB jadi menurunkan proyeksi inflasinya, yang berarti melemahkan Yen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here