Indeks Nikkei 8 Juni Dibuka Menguat, Namun Berhati-hati Menjelang Peristiwa Global

219
indeks nikkei

Bursa saham Tokyo pada perdagangan hari Kamis (08/06) melayang di medan positif, dengan penguatan yen terhadap dolar A.S. dan dukungan dari menguatnya bursa global pada penutupan semalam, namun pelaku pasar waspada menjelang berbagai peristiwa penting minggu ini.

Nikkei menambahkan 0,1 persen, pada 19.993,97, pada akhir perdagangan pagi.

Pasar masih menunggu hasil pemilihan umum di Inggris, pertemuan Bank Sentral Eropa dan juga kesaksian Direktur FBI James Comey di Senat A.S. pada hari ini.

Selain itu sentimen tertahan data ekonomi Jepang, di mana pertumbuhan ekonomi Jepang pada periode Januari – Maret direvisi menjadi kurang dari setengah perkiraan semula karena penyesuiaan dalam persediaan bisnis, menggarisbawahi kerapuhan ekspansi yang dipimpin oleh ekspor.

Pasar Jepang juga bereaksi, menanggapi tes rudal terbaru yang dilakukan Korea Utara. Negara tersebut menembahkkan beberapa rudal darat ke kapal di pantai timur pada hari Kamis.

Perdagangan saham sesi ini, terpantau Toshiba Corp naik 4,5 persen, sedangkan saham Dentsu Inc turun 2,8 persen, begitu juga saham Display Jepang turun 3,3 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei akan bergerak lemah jika penguatan Yen berlanjut.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here