Indeks Shanghai 8 Juni Bergerak Positif, Saham Blue Chip Tembus Level Tertinggi 6 Bulan

239
indeks shanghai

Perdagangan saham di bursa Tiongkok pada hari Kamis (08/06) mencapai level tertinggi enam bulan untuk saham blue-chip. Sentimen didorong oleh penguatan yuan baru-baru ini, serta tanda-tanda membaiknya likuiditas dalam sistem keuangan dan data perdagangan bulan Mei yang bullish.

Pasar juga didukung oleh komitmen Tiongkok untuk mengurangi beban biaya lebih pada perusahaan, dan harapan bahwa MSCI akan memutuskan untuk memasukkan saham Chin A ke dalam daftar mereka pada 20 Juni mendatang.

Indeks Shanghai naik 10,70 poin, atau 0,34 persen, pada level 3151,03.

Pasar meresponse positif pada data cadangan devisa Tiongkok yang dipublikasikan pada hari Rabu, yang menunjukkan cadangan naik pada bulan Mei untuk bulan keempat berturut-turut dan lebih dari yang diperkirakan pasar.

Analis memperkirakan cadangan devisa akan meningkat lebih lanjut seiring arus modal lintas batas menstabilkan dan karena yan telah pulih terhadap dolar A.S.

Sebagian besar saham-saham yang diperdagangkan menguat, seperti saham Ping An Insurance, yang naik 3,04 persen, saham China Life Insurance melonjak 2,98 persen, saham SAIC Motor, naik 2,56 persen dan saham Yili Group menambahkan 4,16 persen.

Beberapa saham juga terpantau melemah, seperti saham Bank of Communications, yang turun -0,16 persen, Shanghai Pudong merosot -0,08 persen dan saham China Shipping Development turun -0,31 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak positif dengan peningkatan yuan dan meningkatnya cadangan devisa Tiongkok.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here