Penting – Lima Hal Yang Perlu Diketahui Para Investor Asia Jelang Siang Ini

401

Pemilu di Inggris dan keputusan ECB, posisi persedian di tangki minyak, dan kesaksian Comey, kepala FBI yang dipecat Trump, menguatnya pasar Asia dan data ekonomi Australia dan Jepang.

Pemilu Inggris dan ECB

Dua peristiwa besar mendominasi kalender Eropa pada hari Kamis ini: pemilihan umum di Inggris dan keputusan Bank Sentral Eropa. Hasil pemungutan suara di Inggris lebih diragukan daripada saat kampanye dimulai, namun Perdana Menteri Konservatif Theresa May diperkirakan akan menambah mayoritas partainya di House of Commons dan menangkis momentum yang dimanfaatkan oleh Partai Buruh pimpinan Jeremy Corbyn.
Sejumlah langkah salah di jalur kampanye dapat melemahkan posisi May di antara anggota partainya dan negosiator UE, bahkan jika dia menang.
Pound terlihat berada di bawah tekanan paling berat jika tidak ada satu partai yang menang mutlak. Sementara itu, ECB siap untuk mengurangi perkiraan inflasi karena penurunan harga energi, yang telah untuk sementara membebani euro pada hari Rabu. ECB mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelamatan yang dilakukan oleh Banco Santander terhadap Banco Popular dalam penjualan paksa didasarkan pada “penurunan yang signifikan” pada likuiditas.

Melimpahnya Persediaan Minyak Mentah Dunia

Peningkatan tak terduga pada persediaan minyak mentah dan produksi A.S. memicu aksi jual besar-besaran di West Texas Intermediate, Rabu. Harga minyak di bursa berjangka dunia turun lima persen menjadi di bawah $ 46 per barel. Pengiriman inbound dari Arab Saudi jatuh, namun impor minyak mentah AS dari Irak meningkat ke tingkat tertinggi dalam lebih dari lima tahun untuk pekan yang berakhir 2 Juni. Meskipun percobaan isolasi terhadap Qatar oleh aliansi yang dipimpin Arab Saudi tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, perselisihan geopolitik belum mendukung harga minyak.

Kesaksian Comey

Direktur FBI yang dipecat, James Comey akan bersaksi di hadapan Komite Intelijen Senat pada pukul 10 pagi waktu New York pada hari Kamis, dimana sekutu Donald Trump berencana untuk menangkis Demokrat mencari jawaban tentang kemungkinan penghalang keadilan oleh presiden. Dalam sambutan yang disiapkan dan dirilis pada hari Rabu, Comey mengatakan bahwa Trump memintanya untuk menghentikan penyelidikan FBI ke mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn. Pejabat intelijen yang bersaksi di depan sebuah komite Senat pada hari Rabu menolak untuk mengatakan apakah Trump meminta mereka untuk membantu menghalangi penyelidikan apapun. Menjelang kesaksian Comey, Trump mengumumkan bahwa dia akan menunjuk mantan pejabat Departemen Kehakiman Christopher Wray sebagai direktur FBI.

Saham Rebound

Indeks S & P 500 kembali menembus wilayah positif setelah ucapan Comey menggerakkan pasar untuk menghasilkan keuntungan kecil. Kekuatan di bank-bank, yang datang bersamaan dengan kenaikan yield Treasury dan greenback, mengimbangi kelemahan di sektor energi. Langkah-langkah dari volatilitas tertahan menjelang momen penting di hari Kamis ini. Nikkei 225 berjangka diperdagangkan lebih tinggi sementara S & P / ASX di bursa berjangka berada di zona merah pada pukul 6 pagi waktu Tokyo.

Data Ekonomi Penting

Neraca perdagangan Australia diperkirakan akan beralih ke surplus A $ 2 miliar untuk bulan April dari defisit A $ 3,1 miliar pada bulan Maret. Sementara data ekonomi untuk pertumbuhan di kuartal pertama di Jepang diperkirakan akan memastikan ekonomi melihat ekspansi kelima beruntun selama tiga bulan berturut-turut, beruntun terpanjang dalam satu dekade. Data transaksi sekuritas internasional Jepang juga dijadwalkan akan di rilis hari ini.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here