Indeks Nikkei 9 Juni Bergerak Naik; Saham SoftBank Melonjak 7 Persen

456
indeks nikkei

Bursa saham Tokyo bergerak naik pada hari Jumat (09/06) karena saham SoftBank melonjak 7 persen setelah unitnya setuju untuk membeli perusahaan robotika.

Indeks Nikkei naik 129,95 poin, atau 0,65 persen, pada level 20.039,21. Untuk minggu ini, indeks siap untuk mencatat penurunan 0,5 persen.

Arah pasar hari ini masih akan terus dipengaruhi hasil perhitungan pemilihan di Inggris, dengan perhitungan yang masih berlangsung, partai Konservatif sementara menunjukkan hasil memalukan. Dengan demikian, dapat memicu short-covering oleh investor jangka pendek untuk melindungi aset mereka.

Sementara itu, SoftBank Group Corp berhasil melonjak 7 persen utnuk mencapai level tertinggi 17 tahun, setelah anak perusahaannya setuju untuk membeli perusahaan robotika Boston Dynamics dari Alphabet Inc.

SoftBank menyumbang empat poin positif bagi Nikkei. Selain itu, kenaikan Nvidia Corp dan Alibaba juga memberikan kontribusi terhadap kenaikan di SoftBank, yang memiliki saham di dalamnya.

Kinerja saham exportir terpantau mixed, dengan Toyota Motor Corp naik 0,7 persen, Nissan Motor Corp jatuh 0,1 persen dan saham Panasonic Corp turun 1,1 persen.

Fujifilm Holdings tersandung lebih dari 4 persen, setelah Nikkei melaporkan bahwa penyimpangan akuntansi perusahaan menyebar ke unitnya di Australia.

Kinerja yang buruk di pasar juga dialami oleh Universal Entertainment Corp, yang terjun sebanyak 13 persen, setelah perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya menyelidiki transfer dana yang tidak semestinya oleh chairman perusahaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei akan bergerak naik jika pelemahan Yen berlanjut.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here