Indeks Shanghai 9 Juni Berhasil Rebound Ditopang Kenaikan Inflasi

403
shanghai index

Perdagangan saham pada hari Jumat (09/06) di bursa Shanghai dibuka lebih rendah dari penutupan sebelumnya. Indeks Shanghai dibuka pada posisi 3147,45 dibanding penutupan sesi sebelumnya di 3150,33. Namun, saat ini indeks terpantau bergerak rebound, dan berhasil menambahkan 2,12 poin, atau 0,07 persen, menjadi 3152,45.

Sentimen kenaikan didorong oleh data indeks harga konsumen (CPI) untuk bulan Mei, yang dilaporkan naik 1,5 persen pada tahun berjalan, namun turun 0,1 persen dari bulan sebelumnya. Sementara itu, indeks harga produsen (PPI) mencerminkan kenaikan 5,5 persen pada tahun ini namun masih melambat dari bulan sebelumnya.

Lihat : Inflasi Tahunan April Tiongkok Meningkat, Harga Produsen Melambat

Saham-saham yang diperjual belikan sebagian besar terpantau menguat, seperti saham Shanghai Pudong yang melonjak 2,25 persen, China Merchants Bank naik 1,97 persen, saham Daiqin Railway melompat 2,07 persen.

Sementara itu, saham-saham yang melemah seperti Poly Real Estate, yang turun -2,58 persen, saham Huaneng melemah -1,86 persen dan saham Air China merosot -1,86 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak naik terdukung peningkatan data inflasi.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here