Kesaksian Comey : Dipecat Karena Investigasi Rusia; Trump Tidak Bisa Disalahkan

625

Mantan Direktur FBI James Comey bersaksi di depan Komite Intelijen Senat Kamis, satu bulan setelah dipecat oleh Presiden Trump. Kesaksian yang sangat dicermati tersebut ditujukan pada investigasi Rusia, catatan Comey yang bocor tentang percakapannya dengan presiden, keputusannya untuk berbicara mengenai penyelidikan Clinton dan lebih banyak lagi.

Berikut adalah tujuh poin penting hasil kesaksian Comey seperti yang dilansir Foxnews :

COMEY MEMBUAT CATATAN PRIBADI

Comey mengambil catatan cermat setelah berinteraksi dengan Trump beberapa kali. Senator Roy Blunt dari Missouri meminta Comey untuk mengklarifikasi apakah dia merasa seolah tulisan itu bersifat pribadi, atau milik pemerintah. Comey menjawab bahwa itu adalah dokumen pribadi. “Sebagai warga negara, saya merasa bebas untuk membagikannya. Saya merasa itu sangat penting untuk mengeluarkannya.”

Comey mengakui bahwa dia tidak merasa perlu untuk mencatat setelah melakukan percakapan dengan mantan Presiden Barack Obama atau George W. Bush. Dia mengatakan bahwa dia mendokumentasikan percakapannya dengan Presiden Trump karena dia khawatir presiden mungkin berbohong tentang sifat pertemuan mereka.

COMEY TIDAK MENYAMPAIKAN KEPADA GEDUNG PUTIH PERMINTAAN TRUMP TIDAK TEPAT

Senator Marco Rubio, seorang Republikan dari Florida, bertanya apakah Comey pernah memberi tahu siapa pun di Gedung Putih atas fakta bahwa dia terganggu oleh pembicaraan presiden dengan dia. “Saya tidak tahu,” jawab Comey. Rubio juga bertanya mengapa Comey tidak memberi tahu Trump secara langsung bahwa dia merasa tidak pantas seorang presiden meminta informasi direktur FBI tentang penyelidikan yang sedang berlangsung. Comey menjawab bahwa dia berusaha menghindari menjawab pertanyaan pada awalnya dengan memberi tahu Trump, “Saya akan melihat apa yang dapat saya lakukan.” Dia kemudian memberi tahu Trump bahwa permintaan tersebut harus dilakukan melalui penasihat Gedung Putih.

COMEY BISA MEMBERIKAN CATATANNYA

Comey ditanya apakah dia menyiapkan kesaksian tertulisnya berdasarkan catatan pribadinya, yang menurutnya dia miliki. Dia mengungkapkan bahwa dia kemudian menyerahkan memo tentang pembicaraannya dengan presiden kepada penasihat khusus, Robert Mueller, dan tidak menyimpan sebuah salinan.

Senator James Lankford, seorang Republikan dari Oklahoma, bertanya kepada Comey apakah temannya, profesor Columbia, mungkin masih memiliki salinan asli dari catatan tersebut. Comey mengatakan memungkinkan.

COMEY TIDAK MENYETUJUI LYNCH UNTUK INVESTIGASI CLINTON

Comey mengatakan bahwa keputusannya untuk membuat pernyataan publik Juli lalu mengenai penyelidikan FBI ke server email Hillary Clinton, sebagian, didorong oleh pertemuan mengejutkan mantan Presiden Bill Clinton dengan Jaksa Agung Loretta Lynch di sebuah daerah Arizona.

Dia mengatakan bahwa dia membuat keputusan “untuk melindungi kredibilitas penyelidikan,” yang menurutnya dimaksudkan untuk melindungi reputasi FBI dan Departemen Kehakiman.

Comey juga mengatakan kepada Komite Intelijen Senat bahwa dia “bermasalah” saat atasannya, Lynch, memintanya untuk merujuk pada penyelidikan server email rahasia Hillary Clinton sebuah “masalah” dan bukan “penyelidikan”. Dia mengatakan bahwa dia mendorong kembali bahasa tersebut, namun dia mengakui bahwa mungkin dia seharusnya menolaknya lebih jauh.

TRUMP TIDAK DIINVESTIGASI PADA WAKTU PEMECATAN COMEY

Comey menegaskan dalam kesaksian tertulisnya dan pada sidang hari Kamis bahwa dia telah meyakinkan Trump presiden terpilih bahwa dia tidak diinvestigasi secara pribadi oleh FBI, kembali pada bulan Januari. Dia selanjutnya mengklarifikasi kepada Komite Intelijen Senat bahwa pada saat dia meninggalkan FBI, Presiden tidak diinvstigasi secara pribadi.

COMEY PERCAYA DIA DIPECAT TERKAIT INVESTIGASI RUSIA

Meskipun ada berbagai teori tentang mengapa Comey mungkin dipecat, Comey mengatakan kepada senat : “Saya memegang perkataan presiden bahwa saya dipecat karena penyelidikan Rusia.”

“Sesuatu tentang cara saya menjalankannya, presiden merasa mendapat tekanan pada dirinya bahwa dia ingin meringankan. Sekali lagi, saya tidak tahu itu pada saat itu. Tapi aku sudah melihat wawancaranya. Aku sudah membaca laporan pers tentang percakapannya. ”

COMEY TIDAK MENYALAHKAN TRUMP TERKAIT PEMECATANNYA

Meskipun Comey mengatakan bahwa dia mengira dia dipecat atas penyelidikan Rusia, dia mengatakan bahwa dia tidak dapat mengatakan apakah Trump bersalah karena menghalangi keadilan. Dia juga mengatakan bahwa Trump tidak secara khusus meminta dia untuk menghentikan penyelidikan Rusia secara keseluruhan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here