Penjualan Ritel April Indonesia Stabil; Mei Diperkirakan Meningkat Terdorong Penjualan Makanan

622
Jakarta-2

Penjualan ritel di Indonesia pada bulan April tercatat naik stabil 4,2 persen, sama dengan hasil bulan sebelumnya dari tahun sebelumnya, demikian survei Bank Indonesia (BI) yang dirilis pada hari Jumat (09/06).

Bank Indonesia menyatakan pertumbuhan penjualan ritel didorong oleh kelompok makanan yang meningkat 8,4% (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 7,1% (yoy). Di sisi lain, penjualan kelompok nonmakanan mengalami penurunan sebesar 1,7% (yoy), setelah pada bulan sebelumnya tumbuh 0,3% (yoy).

Sedangkan untuk bulan Mei, penjualan ritel diperkirakan meningkat 4,5% (yoy). Peningkatan diperkirakan masih didorong oleh kelompok makanan yang tumbuh 9,5% (yoy).

Diperkirakan penjualan ritel akan turun dalam tiga bulan ke depan saat permintaan kembali normal setelah perayaan Idul Fitri

Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 146,7, lebih rendah dari 149,7 pada bulan sebelumnya. Tekanan kenaikan harga pada Oktober 2017 juga diperkirakan turun dengan nilai IEH 6 bulan mendatang sebesar 130,0, lebih rendah dari 130,3 pada bulan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here