Penjualan Ritel April Singapura Meningkat; Penjualan Jam Tangan dan Perhiasan Tertinggi

528

Penjualan ritel di Singapura naik 2,6 persen pada April dari tahun sebelumnya, dan tidak termasuk kendaraan bermotor, naik hampir 5 persen untuk bulan ini, menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Statistik (Singstat) pada Senin (12/06).

Pada basis penyesuaian musiman bulan ke bulan, penjualan ritel meningkat 1,6 persen. Tidak termasuk kendaraan bermotor, mereka naik 4,4 persen.

singapore-retail-sales-annual@2x

Penjualan jam tangan dan perhiasan mengalami kenaikan terbesar, naik 14,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Stasiun layanan bensin mengalami kenaikan tertinggi kedua, meningkat 13 persen. Sebaliknya, penjualan kendaraan bermotor turun 6,4 persen, diikuti oleh mini mart dan toserba dengan penurunan 5,7 persen.

Total nilai penjualan ritel pada bulan April diperkirakan mencapai S $ 3,5 miliar, naik dari S $ 3,4 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Penjualan layanan makanan dan minuman turun 3 persen dibandingkan tahun lalu, dengan total nilai penjualan diperkirakan mencapai S $ 663 juta, turun dari S $ 683 juta pada bulan April 2016.

Indeks Penjualan Ritel dan Indeks Jasa Makanan dan Minuman mengukur kinerja jangka pendek industri jasa ritel dan F & B berdasarkan catatan penjualan mereka. Angka penjualan tidak termasuk pajak seperti GST dan COE.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here