Bursa Eropa 13 Juni Bergerak Naik Terdukung Positifnya Data Ekonomi dan Minyak Mentah

606

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Selasa (13/06) menjelang pertemuan dua hari Federal Reserve AS yang dimulai hari ini. Kenaikan bursa terdukung penguatan data ekonomi, dengan meningkatnya inflasi Inggris dan optimisme ekonomi Zona Eropa.

Indeks FTSE bergerak pada 7512.52, naik 0,65 poin atau 0,01%

Indeks DAX bergerak pada 12748.82, naik 58,38 poin atau 0,46%

Indeks CAC bergerak pada 5260.40, naik 19,81 poin atau 0,38%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10893.30, naik 50,90 poin atau 0,47%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,5 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif.

Saham media termasuk di antara para pemain terbaik pada transaksi awal. Operator kabel Altice USA akan dihargai hingga $ 22 miliar setelah mengumumkan rincian daftar pasar sahamnya. Saham Altice NV yang berbasis di Belanda sedikit lebih tinggi.

Saham Perawatan kesehatan juga bergerak lebih tinggi setelah beberapa upgrade rating. Morgan Stanley mengatakan, yakin Luxottica dan Essilor akan menciptakan pembangkit tenaga listrik global. Kemudian naik 1,2 persen pada awal perdagangan.

Bank-bank Italia juga menguat pada hari Selasa setelah menteri ekonomi negara itu Pier Carlo Padoan mengatakan kesepakatan untuk menyelamatkan dua bank Italia sudah dekat. Ubi Banca naik 5,4 persen.

Kelompok outsourcing Inggris Capita mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya bermaksud untuk mengembangkan profitabilitas dan menjamin kontrak lebih lanjut di paruh kedua tahun ini. Pengumuman tersebut membawa saham tersebut ke posisi teratas benchmark Eropa, naik 12 persen.

Grup LSE juga naik 4 persen setelah membuat prediksi bullish untuk prospek antara sekarang dan 2019 meskipun pembicaraan Brexit dan merubuhkan merger dengan saingannya dari Jerman.

Saham Petrofac meningkat 4,5 persen. Ini mengumumkan kontrak lima tahun dengan Kuwait Oil Company senilai $ 35 juta.

Di sisi lain, Merlin turun 2,7 persen setelah menyatakan bahwa kejadian teroris baru-baru ini di Manchester dan London bisa mencapai tempat-tempat wisata.

Perdana Menteri Theresa May akan mengadakan pembicaraan dengan anggota DUP saat dia mencari kesepakatan yang akan memungkinkan dia mendapatkan suara mayoritas parlemen. Sementara itu, dia mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia akan melanjutkan sebagai perdana menteri selama yang mereka inginkan.

Meskipun demikian, Brussels mendesak Inggris untuk segera menyelesaikan politiknya agar perundingan Brexit dapat dimulai dengan cepat.

Data yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan inflasi Inggris mencapai 2,9 persen secara tahunan di bulan Mei sebagai tertinggi empat tahun.

Lihat : Inflasi Mei Inggris Raya Naik Tertinggi 4 Tahun

Semantara itu, Indeks sentimen ekonomi ZEW Eurozone naik menjadi 37,7 untuk Juni dari 35,1 bulan sebelumnya. Ini di atas ekspektasi konsensus 37,2 dan pembacaan terkuat sejak Agustus 2015. Demikian rilis ZEW pada Selasa (13/06).

Lihat : Optimisme Ekonomi Juni Zona Eropa Naik Tertinggi Hampir 2 Tahun

Dalam berita perusahaan, Allied Irish Banks bermaksud untuk mengumpulkan dana hingga $ 3,7 miliar saat menjual 25 persen saham di bursa Dublin dan London.

Harga minyak bergerak menguat pada hari Selasa setelah pernyataan dari Arab Saudi bahwa pihaknya melakukan pemotongan pasokan yang signifikan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif terdukung peningkatan data ekonomi dan kenaikan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here