Optimisme Bisnis Australia Mundur di Bulan Mei

664

Optimisme bisnis Australia turun di bulan Mei, mundur dari level tertinggi multi tahun yang telah menandai lingkungan bisnis sejauh 2017, sementara kepercayaan merosot, menurut sebuah survei oleh National Australia Bank, demikian rilis pada Selasa (13/06).

Indeks kondisi bisnis NAB turun 1 poin menjadi 12 poin di bulan Mei dari bulan April. Indeks tersebut merupakan saldo bersih tanggapan terhadap survei. Namun kepercayaan bisnis turun tajam, dengan 6 poin menjadi 7 poin pada periode yang sama.

australia-business-confidence@2x

Data survei tersebut menyusul berita pekan lalu bahwa ekonomi melambat pada kuartal pertama ke laju tahunan yang paling lambat sejak 2009, yang memicu peringatan dari beberapa ekonom bahwa Reserve Bank of Australia akan segera perlu memangkas suku bunga.

Alan Oster, kepala ekonom NAB mengatakan ada keterputusan antara bukti aktivitas bisnis yang solid dan data yang menunjukkan perlambatan dalam belanja konsumen karena pertumbuhan upah tetap pada rekor terendah.

Sedikitnya moderasi dalam kondisi bisnis selama bulan Mei sebagian besar didorong oleh layanan bisnis konstruksi, keuangan dan properti, namun semua industri mencatat kondisi bisnis yang positif. Itu hasilnya tidak terlihat sejak 2010, tambah Oster.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here