Optimisme Konsumen Juni Australia Turun 3 Bulan Berturut

432

Optimisme konsumen Australia turun pada bulan Juni untuk bulan ketiga berturut-turut, data dari Melbourne Institute menunjukkan pada hari Rabu (14/06).

Indeks sentimen konsumen Westpac-Melbourne Institute turun 1,8% dari bulan Mei, ketika turun 1,1%. Itu membuat indeks di 96,2 dari 98,0 di bulan Mei, terlemah sejak pertengahan 2016.

australia-consumer-confidence@2x

Angka di bawah 100 menunjukkan bahwa pesimis lebih besar daripada optimis dalam pandangan mereka mengenai ekonomi. Indeks kepercayaan konsumen Westpac tetap di bawah 100 sejak Desember.

Indeks sentimen konsumen melacak perubahan bulanan dalam ekspektasi ekonomi konsumen dan aktivitas pembelian. Hal ini dipandang sebagai barometer belanja konsumen yang penting, yang mendorong lebih dari separuh ekonomi domestik.

Kekhawatiran tentang pasar perumahan yang terlalu panas telah membebani sentimen konsumen tahun ini. Prospek pada nilai perumahan dan properti telah memburuk tajam dalam beberapa bulan terakhir, mencerminkan kekhawatiran Reserve Bank of Australia tentang pasar yang terlalu panas.

Penurunan belanja konsumen merupakan kekecewaan bagi pemerintah dengan rencana belanja infrastruktur, pendidikan dan kesehatan yang tinggi.

Bukti terbaru menunjukkan kondisi pasar perumahan moderat menyusul diperkenalkannya kebijakan kehati-hatian makro dikombinasikan dengan insentif anggaran, yang keduanya berusaha untuk mencegah spekulasi di pasar. Perusahaan intelijen bisnis CoreLogic melaporkan pada hari Selasa bahwa tingkat clearance lelang Australia dan nilai rumah melemah minggu lalu, menambah bukti pendinginan pasar.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here