BOE Pertahankan Suku Bunga 0,25 Persen

646

Bank of England mempertahankan suku bunga tetap sebesar 0,25% dan keputusan tersebut sesuai dengan perkiraan konsensus. Juga tidak ada perubahan pada program pembelian obligasi.

Dalam pertemuan kebijakan BOE, terjadi posisi 5-3 suara untuk keputusan tersebut dibandingkan dengan ekspektasi keputusan 7-1. Forbes, yang telah tidak setuju pada dua pertemuan sebelumnya, kembali memilih kenaikan suku bunga, sementara Saunders dan McCafferty juga memberikan suara untuk kenaikan suku bunga 0,25% segera.

Peralihan oleh Saunders berpotensi sangat signifikan mengingat dia tidak terlalu hawkish dan menyarankan mayoritas merayap untuk mendorong kenaikan tingkat suku bunga.

Dalam ringkasan kebijakan, ada komentar bahwa pertumbuhan lapangan kerja yang terus berlanjut mengindikasikan bahwa kapasitas cadangan dalam perekonomian terkikis, mengurangi tingkat pertukaran yang harus dikompensasi oleh Monetary Policy Committee (MPC) dan mengurangi toleransi MPC terhadap inflasi di atas.

MPC juga mencatat bahwa Sterling telah mengalami penjualan baru yang akan memberikan tekanan segar terhadap harga impor, namun pertumbuhan pendapatan rata-rata tetap terjaga. Memang, MPC mencatat bahwa sangat mengejutkan bahwa pertumbuhan upah baru-baru ini tetap sangat lemah.

Secara keseluruhan, inflasi diperkirakan akan melampaui target dengan margin yang lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya dan tetap berada di atas target sepanjang periode 3 tahun.

Ke depan, tekanan inflasi, belanja konsumen dan kekuatan komponen pertumbuhan lainnya akan menjadi pertimbangan utama dalam menilai kebijakan.

Semua anggota sepakat bahwa kenaikan suku bunga diperkirakan akan bertahap dan terbatas.

Secara keseluruhan, jika proyeksi inflasi tidak turun pada saat laporan kebijakan dan inflasi bulan Agustus, ada kemungkinan besar MPC akan memutuskan untuk membalikkan penurunan suku bunga yang disahkan tahun lalu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here