Lapangan Kerja Mei Australia Naik Melebihi Ekspektasi; Tingkat Pengangguran Turun

551
penrith-australia
penrith-australia

Keseluruhan pekerjaan Australia naik 42.000 bulan lalu, menyusul kenaikan 37.400 pada bulan April, kata biro statistik nasional dalam sebuah laporan pada hari Kamis (15/06). Itu adalah kenaikan keenam dalam tujuh bulan terakhir. Ekonom dalam perkiraan median memperkirakan kenaikan 9.700 dari bulan April.

Lonjakan didorong oleh kenaikan besar dalam pekerjaan penuh waktu, menggarisbawahi pemulihan tenaga kerja yang kuat melalui paruh pertama tahun 2017.

australia-employment-change@2x

Pekerjaan penuh waktu melonjak 52.100, setelah turun 11.600 bulan sebelumnya. Pekerjaan paruh waktu turun 10.100 di bulan Mei setelah naik 49.000 bulan sebelumnya.

Tingkat pengangguran turun tak terduga menjadi 5,5% dari 5,7%. Partisipasi tenaga kerja, yang melacak orang Australia yang bekerja atau aktif mencari pekerjaan, naik tipis menjadi 64,9% dari 64,8%.

australia-unemployment-rate@2x

Jam kerja bulanan di semua pekerjaan meningkat 2,9 juta jam bulan lalu, data resmi menunjukkan.

Australia telah melihat lonjakan kerja paruh waktu dengan mengorbankan pekerjaan penuh waktu, memicu kekhawatiran tentang pasar pekerjaan yang lebih lemah. Para ekonom mengatakan bahwa meningkatnya pekerjaan paruh waktu terkadang, tapi tidak selalu, merupakan gejala dari pekerjaan dengan upah rendah atau kurangnya lapangan kerja yang mantap.

Perekonomian Australia juga terperosok dalam ketidakpastian mengenai nilai rumah dan ekspor, namun hal ini tidak berdampak pada pertumbuhan untuk saat ini, menurut bank sentral. Penelitian baru dari Reserve Bank of Australia (RBA) menunjukkan bahwa prospek yang tidak pasti tidak menjadi penyebab pertumbuhan yang lebih lemah dari yang diperkirakan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here