Penjualan Ritel Mei AS Negatif

668

Penjualan ritel AS turun 0,3% di bulan Mei dibandingkan dengan kenaikan yang diharapkan sebesar 0,1% pada bulan ini dan kenaikan tahunan melambat menjadi 3,8% dari 4,6% sebelumnya.

Penjualan yang mendasari, tidak termasuk makanan dan energi, juga turun 0,3% pada bulan ini dibandingkan dengan kenaikan yang diharapkan sebesar 0,2% dengan pertumbuhan tahunan melambat menjadi 3,8% dari 4,7% sebelumnya.

united-states-retail-sales@2x

Penjualan kelompok kontrol tidak berubah pada bulan tersebut, meskipun kenaikan April direvisi naik menjadi 0,6% dari 0,2% sebelumnya.

Penjualan alat elektronik dan alat penjualan turun tajam sebesar 2,8% pada bulan ini dan terjadi penurunan penjualan barang dagangan secara umum.

Penjualan di layanan makanan dan tempat minum juga turun untuk bulan kedua berjalan dengan penurunan pertumbuhan tahunan menjadi 2,3% dari 3,0%.

Bukti kelemahan di bidang pengeluaran discretionary seperti makan di luar akan memicu keraguan baru seputar prospek pengeluaran dan kesehatan ekonomi secara keseluruhan.

Telah ada bukti jelas perlambatan dalam belanja konsumen selama beberapa bulan terakhir dengan penurunan tajam pada tingkat pertumbuhan untuk kuartal pertama.

Secara signifikan, telah terjadi bukti pembelanjaan yang lemah bahkan dengan kepercayaan konsumen yang kuat.

Pengeluaran rumah tangga tetap merupakan kekuatan dominan dalam perekonomian dan menyumbang lebih dari 65% dari keseluruhan PDB. Jika belanja ritel tetap terjaga, oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi yang mendasarinya relatif lemah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here