The Fed AS Naikkan Suku Bunga dan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

1192

Federal Reserve AS menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya dalam tiga bulan pada Kamis dinihari (15/06) dan mengatakan akan mulai mengurangi kepemilikan obligasi dan surat berharga lainnya tahun ini, menandakan kepercayaannya pada ekonomi A.S. yang berkembang dan penguatan pasar kerja.

The Fed mengangkat suku bunga acuan sebesar seperempat persen dari kisaran target 1,00 persen menjadi 1,25 persen dan memperkirakan kenaikan satu lagi tahun ini, the Fed tampaknya sebagian besar mengabaikan data ekonomi yang mixed baru-baru ini.

Komite penetapan tingkat bunga bank sentral A.S. mengatakan bahwa ekonomi terus menguat, kenaikan lapangan kerja tetap mantap dan melihat kelemahan inflasi baru-baru ini yang sebagian bersifat sementara.

Selain itu, The Fed memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana akan mengurangi neraca $ 4,5 triliun, atau portofolio obligasi yang mencakup Treasury, sekuritas berbasis mortgage yang sebagian besar dibeli setelah krisis keuangan dan resesi 2007-2009 dan hutang lembaga pemerintah

Mereka mengharapkan untuk memulai normalisasi neraca tahun ini, secara bertahap meningkatkan kecepatan. Rencananya, yang akan menampilkan penghentian reinvestasi dari jumlah sekuritas yang jatuh tempo lebih besar, namun tidak menentukan ukuran keseluruhan pengurangan tersebut.

“Apa yang dapat saya katakan kepada Anda adalah bahwa kami mengantisipasi pengurangan saldo cadangan dan keseluruhan neraca kami ke tingkat yang jauh di bawah yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir namun lebih besar daripada sebelum krisis keuangan,” Ketua Fed Janet Yellen mengatakan dalam sebuah konferensi pers seperti yang dilansir Reuters.

Dia menambahkan bahwa normalisasi neraca dapat diberlakukan relatif segera.

Kenaikan awal untuk pengurangan kepemilikan Treasury Fed akan ditetapkan pada $ 6 miliar per bulan, meningkat sebesar $ 6 miliar berturut-turut setiap tiga bulan dalam jangka waktu 12 bulan sampai mencapai $ 30 miliar per bulan.

Untuk obligasi agensi dan sekuritas berbasis mortgage, pembatasan tersebut akan menjadi $ 4 miliar per bulan pada awalnya, meningkat sebesar $ 4 miliar pada interval triwulanan lebih dari setahun sampai mencapai $ 20 miliar per bulan.

The Fed saat ini telah menaikkan suku bunga empat kali sebagai bagian dari normalisasi kebijakan moneter yang dimulai pada bulan Desember 2015. Bank sentral telah mendorong suku bunga mendekati nol dalam menanggapi krisis keuangan.

Pembuat kebijakan Fed juga merilis perkiraan triwulanan ekonomi terbaru mereka, yang hanya menunjukkan kekhawatiran sementara tentang inflasi dan kepercayaan terus berlanjut mengenai pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang.

The Fed memperkirakan pertumbuhan ekonomi A.S. sebesar 2,2 persen pada tahun 2017, meningkat dari proyeksi sebelumnya di bulan Maret. Inflasi diperkirakan mencapai 1,7 persen pada akhir tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya 1,9 persen.

Pembahasan dalam inflasi selama dua bulan terakhir telah menyebabkan kegugupan bahwa pelemahan jika dipertahankan, dapat mengubah laju kenaikan suku bunga di masa depan. Namun Fed mempertahankan proyeksinya untuk tiga kenaikan tingkat tahun depan.

Ukuran Fed yang mendasari inflasi telah turun menjadi 1,5 persen, dari 1,8 persen pada awal tahun ini, dan telah berada di bawah target 2 persen bank sentral selama lebih dari lima tahun.

Sebelumnya pada hari Rabu, Departemen Tenaga Kerja melaporkan harga konsumen secara tak terduga turun di bulan Mei, penurunan kedua dalam tiga bulan.

Yellen mengindikasikan Fed masih tetap yakin inflasi akan naik ke target dalam jangka menengah, didukung oleh apa yang dia gambarkan sebagai pasar tenaga kerja kuat yang terus menguat.

Perkiraan Fed untuk tingkat pengangguran pada akhir tahun ini turun menjadi 4,3 persen, level saat ini, dan menjadi 4,2 persen pada 2018, mengindikasikan Fed yakin pasar tenaga kerja akan terus diperketat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here