Bursa Eropa 16 Juni Bergerak Naik; Saham Otomotif Meningkat

940

Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Jumat (16/06) karena investor mencerna berita bantuan keuangan untuk Yunani dan berfokus pada peristiwa politik yang lebih luas.

Indeks FTSE bergerak pada 7468.45, naik 49,09 poin atau 0,66%

Indeks DAX bergerak pada 12728.32, naik 36,51 poin atau 0,29%

Indeks CAC bergerak pada 5254.20, naik 37,32 poin atau 0,72%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10715.00, naik 15,40 poin atau 0,14%

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,6 persen lebih tinggi dengan semua sektor bergerak lebih tinggi. Saham otomotif termasuk di antara para pemain top menyusul data di zona Eropa yang menunjukkan penjualan mobil baru mendekati level tertinggi sebelum krisis finansial.

Sektor makanan dan minuman juga meningkat pada hari Jumat pagi di update pendapatan dan kemungkinan penggabungan. Pedagang Inggris Tesco melaporkan pertumbuhan penjualan kuartalan terkuat selama tujuh tahun. Saham mencapai puncak FTSE 100 dalam transaksi awal, namun sejak itu sedikit mereda, turun 0,19 persen.

Sebelumnya, Nestle mengatakan akan mempertimbangkan kemungkinan penjualan bisnis kembang gula A.S. seharga $ 900 juta per tahun. Saham tersebut naik 1,9 persen pada perdagangan pertengahan pagi dan mengirim sektor lebih tinggi.

CNH Industrial berada di puncak benchmark Eropa, naik 3,6 persen, menyusul kenaikan rating oleh Standard & Poor’s. Hal ini juga mendorong sektor industri lebih tinggi sebesar 1 persen pada awal perdagangan.

Saham perusahaan utilitas Prancis EDF naik lebih dari 3 persen pada transaksi pertengahan pagi setelah upgrade peringkat oleh JP Morgan dan Investec. Saham energi juga menemukan beberapa dukungan setelah berada di bawah tekanan pada awal pekan karena melemahnya harga minyak mentah.

Dari sisi data, pertumbuhan upah di Prancis bergerak pada laju tercepat dalam tiga tahun pada kuartal pertama 2017.

Dana Moneter Internasional setuju untuk bergabung dalam program bailout Yunani dengan pengaturan standby kurang dari $ 2 miliar. Namun, ia tidak akan mengucurkan uangnya sampai zona Eropa merinci langkah-langkah bantuan utang, yang diperkirakan tidak akan sampai tahun depan. Sementara itu, untuk menjaga agar ekonomi Yunani tetap berjalan, kreditur setuju untuk mencairkan $ 9,5 miliar yang akan memungkinkan Athena menyelesaikan pembayaran bulan depan.

Akibatnya, imbal hasil obligasi Yunani 10 tahun berada pada level terendah dalam hampir sebulan pada hari Jumat pagi.

Sementara itu, di Prancis, Presiden Emmanuel Macron diperkirakan akan memenangkan mayoritas besar dalam putaran kedua pemilihan parlemen hari Minggu ini, dua jajak pendapat ditunjukkan hari Kamis.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi perumahan Housing Starts dan Building Permits Mei yang diindikasikan meningkat. Juga akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment Juni yang diindikasikan stabil. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk perdagangan selanjutnya bergerak positif jika data ekonomi AS positif dan menguatkan bursa Wall Street. Juga akan mencerna data ekonomi zona Eropa dan pergerakan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here