Harga Timah 16 Juni Naik Mengikuti Bursa LME; Mingguan Melompat 1,7 Persen

656

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Juamt (16/06). Kenaikan harga timah mengikuti kenaikan timah di bursa London Metal Exchange (LME).

Logam dasar di London Metal Exchange naik di seluruh papan pagi ini, Jumat 16 Juni, seperti juga pada kemarin pagi.

Harga naik rata-rata 0,3%, dengan seng memimpin rebound dengan kenaikan 0,8% menjadi $ 2.534 per ton, harga nikel naik 0,5% dan harga timah naik 0,4%, sementara sisanya naik sekitar 0,1% dengan tembaga di $ 5.681 per ton.

Keuntungan pagi ini terjadi setelah hari yang menguat pada hari Kamis ketika harga ditutup naik rata-rata 0,6%, namun kenaikan terkonsentrasi pada harga seng, timah dan timah, yang ditutup dengan kenaikan rata-rata 1,3%.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 19.500 dollar per ton, naik sebesar 100 dollar atau 0,5 persen dari penutupan sebelumnya pada 19.400.

Untuk minggu ini harga timah naik 1,7 persen. Selain kenaikan di akhir pekan ini, harga timah terbantu sentimen pelemahan dollar AS, kenaikan bursa Wall Street, juga upaya bargain hunting pedagang.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi perumahan Housing Starts dan Building Permits Mei yang diindikasikan meningkat. Juga akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment Juni yang diindikasikan stabil. Jika terealisir akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas jika penguatan dollar AS berlanjut. Harga akan menghadapi level Support di posisi 19.300 dollar dan 19.100 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 19.700 dollar dan 19.900 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here