Keputusan BOJ : Pertahankan Suku Bunga, Tingkatkan Proyeksi PDB, Turunkan Proyeksi Inflasi

824

Bank of Japan menahan kebijakan moneter stabil dalam tinjauan dewan bulan Juni, dan berjanji untuk mempertahankan pembelian aset sekitar target 80 triliun yen saat ini, menurut sebuah rilis pada hari Jumat (16/06) di akhir pertemuan dua hari.

Selanjutnya hari Jumat ini, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda akan mengadakan konferensi pers untuk membahas pembahasan dewan bank sentral.

Pada pertemuan bulan Mei, selain mempertahankan suku bunga tetap, Bank of Japan menaikkan perkiraan ekonominya dan mempertahankan kebijakan tetap, seperti yang diperkirakan secara luas.

BOJ meningkatkan penilaian ekonominya. Ini meningkatkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil untuk tahun fiskal 2017-18 menjadi 1,6 persen dari proyeksi 1,5 persen pada bulan Januari. Namun hal tersebut menurunkan indeks harga konsumen inti (CPI) tumbuh menjadi 1,4 persen dari 1,5 persen pada periode yang sama.

Bank sentral telah menerapkan kebijakan pengendalian kurva imbal hasil, yang diperkenalkan pada pertemuan akhir bulan September. BOJ telah menetapkan target imbal hasil untuk obligasi pemerintah 10 tahun Jepang sekitar nol persen, dan pihaknya telah bersedia melakukan intervensi untuk mempertahankan hasil benchmark sesuai dengan targetnya.

BOJ pada dasarnya mengambil sikap melakukan apapun yang diperlukan untuk mendorong inflasi, dengan mengatakan akan mempertahankan sikap pelonggaran sampai inflasi melampaui target 2 persen secara stabil.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here