Bursa Wall Street Naik Terdukung Pemulihan Saham Teknologi

704

Bursa Saham A.S. ditutup menguat pada akhir perdagangan Selasa dinihari (20/06) terdukung pemulihan saham teknologi dari kinerja lemah pekan lalu.

Indeks Dow Jones naik sekitar 140 poin dan mencapai rekor intraday dan penutupan, melampaui level tertinggi sepanjang masa sebelumnya di 21.391,97, yang dibukukan pekan lalu.

Indeks S & P 500 naik 0,8 persen untuk juga mencapai tingkat rekor, dengan teknologi informasi naik 1,4 persen untuk memimpin kenaikan.

Indeks Nasdaq mengungguli, naik 1,65 persen.

Saham teknologi besar seperti Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Alphabet induk Google semuanya ditutup lebih tinggi. Amazon juga mencapai titik tertinggi sepanjang masa di pembukaan.

Pekan lalu, valuasi kekhawatiran membuat sektor keseluruhan melemah sekitar 0,8 persen. Teknologi sejauh ini merupakan sektor dengan kinerja terbaik tahun ini, naik 17,2 persen pada periode tersebut.

Beberapa CEO teknologi, termasuk Jeff Bezos dari Amazon dan Apple’s Tim Cook bertemu dengan Presiden Donald Trump saat pemerintah menetapkan pandangannya mengenai pemotongan pengeluaran dramatis.

Di luar negeri, saham Eropa meningkat secara luas setelah partai Presiden Prancis Emmanuel Macron memenangkan mayoritas parlemen. Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,86 persen, sementara CAC Perancis 40 maju hampir 1 persen.

Tidak ada data ekonomi utama yang dijadwalkan Senin, namun Wall Street memperhatikan pernyataan dari pejabat Federal Reserve.

Sebelum bel, Presiden Fed New York Bill Dudley mengatakan bahwa inflasi bank sentral harus meningkat seiring kenaikan upah bersamaan dengan terus membaiknya pasar tenaga kerja.

Imbal Hasil Treasury menghapus kerugian sebelumnya menyusul pernyataan Dudley, dengan yield benchmark 10 tahun naik menjadi 2,19 persen.

Dudley membuat sambutannya kurang dari seminggu setelah Fed menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini. Namun Investor merasa skeptis bahwa bank sentral akan dapat memperketat lebih lanjut pada bulan September. Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga bulan September hanya 13 persen, menurut alat FedWatch CME Group.

Indeks Dow Jones naik 144,71, atau 0,68 persen, ditutup pada 21.528,99, dengan kenaikan tertinggi saham Apple, dan saham Travelers tertinggal.

Indeks S & P 500 naik 20,31 poin atau 0,83 persen, berakhir pada 2.453,46, dengan teknologi informasi memimpin delapan sektor yang lebih tinggi dan kinerja energi yang rendah.

Indeks Nasdaq menguat 87,25 poin atau 1,42 persen, ditutup pada 6.239,01.

Hari ini pasar akan mencermati beberapa pernyataan pejabat The Fed, seperti Evans, Fischer dan Rosengren

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati pidato para pejabat The Fed, yang jika memberikan sinyal penguatan ekonomi AS, akan menguatkan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here