Fed Evans : Tunggu Hingga Akhir Tahun Untuk Kenaikan Suku Bunga

370

Presiden Federal Reserve Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Selasa (20/06) bahwa mungkin bermanfaat bagi bank sentral A.S. untuk menunggu sampai akhir tahun untuk memutuskan apakah akan menaikkan suku bunga lagi.

Mengingat pelemahan baru-baru ini dalam data inflasi, perlu untuk memberi lebih banyak waktu untuk menunggu, kata Evans kepada wartawan setelah pidatonya di hadapan the Money Marketeers di New York University.

Dalam pidato yang disiapkan sebelumnya, Evans mengatakan dengan inflasi yang sangat lemah meskipun tingkat terendah 16 tahun di tingkat pengangguran A.S., Federal Reserve harus bergerak perlahan untuk menaikkan suku bunga dan memangkas portofolio obligasinya yang besar.

Mengulangi banyak pembicaraan serupa yang dia berikan pada bulan Mei, Evans mengatakan bahwa sementara The Fed pada dasarnya mencapai tujuannya untuk memiliki pekerjaan penuh, ia memiliki hasil kebijakan yang serius pada sasarannya yang lain dari inflasi 2 persen.

Pengangguran turun menjadi 4,3 persen di bulan Mei, di bawah perkiraan banyak pejabat Fed yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Tapi inflasi, yang oleh the Fed menjadi ukuran yang disukai, turun menjadi 1,5 persen pada bulan April, telah berjalan di bawah target 2 persen Fed selama bertahun-tahun.

Meskipun mendapat peringatan inflasi yang terlalu rendah, Evans pekan lalu memberikan suaranya dengan mayoritas 8-1 di Fed yang mendukung peningkatan target suku bunga jangka pendek hingga seperempat poin persentase. Kenaikan suku bunga biasanya ditujukan untuk memperlambat pertumbuhan dan inflasi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here