Gubernur BOE : Belum Saatnya Menaikkan Suku Bunga

626

Dalam komentarnya pada hari Selasa (20/06), Gubernur Bank of England Mark Carney menyatakan bahwa sekarang bukan saatnya untuk menaikkan suku bunga mengingat tingkat pertumbuhan lemah dalam upah bersama dengan sinyal campuran mengenai belanja konsumen dan investasi bisnis. Carney juga menyatakan bahwa tekanan inflasi domestik masih terjaga.

Selama beberapa bulan mendatang, Carney ingin melihat sejauh mana pertumbuhan konsumsi yang lemah diimbangi oleh komponen permintaan lainnya, apakah upah mulai menguat dan bagaimana ekonomi bereaksi terhadap kondisi keuangan yang lebih ketat.
Elemen kunci juga merupakan perkembangan seputar harapan rumah tangga dan perusahaan selama proses negosiasi Brexit.

Secara keseluruhan, kebijakan moneter akan ditetapkan untuk mengembalikan inflasi secara berkelanjutan untuk ditargetkan dalam jangka menengah sambil mendukung sebaik mungkin penyesuaian yang diperlukan dalam perekonomian.

Tidak ada peringatan signifikan mengenai prospek inflasi yang akan menyebabkan beberapa kekhawatiran bahwa toleransi terhadap kenaikan inflasi meningkat di dalam anggota bank inti.

Pemungutan suara 5-3 untuk suku bunga yang lebih tinggi pada pertemuan Komite Kebijakan Moneter pekan lalu (MPC) memicu spekulasi baru mengenai langkah awal untuk menaikkan suku bunga. Dalam komentarnya, Carney jelas ingin meredam ekspektasi ini.

Komposisi MPC akan berubah karena Forbes akan meninggalkan komite pada akhir Juni untuk diganti oleh Tenreyro tanpa bukti yang jelas apakah dia akan mengadopsi sikap hawkish atau dovish, walaupun ada kecurigaan terhadap nada yang lebih dovish, terutama mengingat masalah Sekitar Brexit.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here