A-Shares Tiongkok Masuk Pasar Global, Apa Untungnya Bagi Investor?

731

Saham-saham yang tergabung didalam A-Shares di Bursa Saham Tiongkok baru saja mendapat persetujuan dari MSCI Inc. Langkah ini akan meningkatkan kredibilitas keuangan dan membuka perusahaann-perusahaan di Tiongkok masuk ke dunia investasi global dimana indeks ini dapat mempengaruhi pergerakan dana triliunan dolar yang berasal dari dana pensiun dan reksa dana.

1. Apa pentingnya bagi bursa Tiongkok ?

MSCI adalah kompiler indeks terbesar di dunia, dengan aset sekitar $ 11 triliun diperkirakan akan sesuai dengan produknya. Persetujuan MSCI China diperkirakan akan menghasilkan miliaran dolar yang mengalir ke pasar ekuitas terbesar kedua di dunia karena para manajer uang global membeli saham, dan masih banyak lagi keuntungan yang lain seiring berjalannya waktu. Meski begitu, simbolisme penambahan bursa saham Tiongkok ke komunitas keuangan global bisa dibilang lebih penting lagi.

2. Jadi apa yang terjadi?

Saham A-Shares akan membentuk 0,7 persen dari indeks MSCI Emerging Markets Index, dengan 222 saham kapitalisasi besar ditambahkan ke indeks tersebut. Masuknya saham-saham unggulan tersebut akan efektif pada bulan Mei dan Agustus 2018.

3. Mengapa permintaan ini ditolak sebelumnya dan apakah ini menyangkut adanya masalah?

Masalahnya ada pada kontrol. Secara khusus, kontrol yang dimiliki pemerintah Tiongkok terhadap pasar keuangannya. MSCI sebelumnya menunjuk batas jumlah investor serta masalah aksesibilitas bagi orang asing. Prevalensi penghentian perdagangan jangka panjang pada saham individual – sebuah taktik yang diizinkan oleh pihak berwenang untuk membatasi kerugian di tengah kemunduran saham di tahun 2015 – juga membuat para manajer uang takut.

4. Ada juga aspek politik?

Dimasukkannya pasar saham senilai $ 6,9 triliun dari Tiongkok ( berada di ranking kesembilan dari nilai ekuitas di seluruh dunia) dipandang layak dan dapat membantu pertumbuhan perusahaan domestik di tahun-tahun mendatang. Ini juga merupakan kemenangan bagi Presiden Xi Jinping, yang kebijakan “ekonomi pasar sosialis dengan karakteristik Tiongkok ” telah melihat pihak berwenang di Beijing mempertahankan kontrol yang relatif ketat atas pasar modal daratan sementara juga mendapat persetujuan internasional.

5. Apa selanjutnya?

Semua saham-saham perusahaan besar yang termasuk dalam A-Shares, termasuk Moutai Co. dan Midea Group Co. dapat dibeli menggunakan hubungan Hong Kong dengan bursa saham di Shenzhen dan Shanghai.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here