Harga Karet Tocom 21 Juni Berakhir Turun 2 Persen

240

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Rabu siang (11/04) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom tergerus penguatan Yen dan pelemahan minyak mentah.

Mata uang Yen Jepang terpantau mengalami penguatan. Dolar turun 0,2 persen pada 111,220 yen, dari puncak terdekat satu bulan 111,790 yang disentuh pada hari Selasa.

Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Harga minyak mentah bertahan di posisi terendah multi bulan di awal perdagangan Asia pada hari Rabu (21/06) terpicu kekuatiran peningkatan produksi global, mengabaikan kepatuhan kuat oleh produsen minyak OPEC dan non-OPEC untuk mengurangi produksi global.

Harga minyak mentah berjangka A.S. untuk Agustus diperdagangkan turun 4 sen atau 0,09 persen, menjadi $ 43,47. Harga minyak mentah berjangka Brent turun 9 sen menjadi $ 45,93barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Masih Melemah

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan siang ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan november 2017 berakhir melemah sebesar -4,0 yen atau 2,1 persen,  menjadi 186,3 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 190,3 yen per kilogram.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi perumahan Existing Home Sales Mei yang diindikasikan turun tipis. Jika terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi alami tekanan dipengaruhi oleh penguatan yen Jepang dan pelemahan minyak mentah.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Support di 181,00 yen dan 176,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 191,00 dan 196,00 yen jika harga berbalik ke teritori positif.

 Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
 Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here