Bursa Eropa 22 Juni Bergerak Negatif Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

623

Bursa Eropa bergerak lemah pada pertengahan transaksi hari Kamis (22/06), karena investor bereaksi terhadap penurunan harga minyak dan pelemahan yang sedang berlangsung di sektor-sektor terkait komoditas.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,55 persen dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Indeks FTSE bergerak pada 7415.50, turun -32.29 poin atau -0.43%

Indeks DAX bergerak pada 12766.35, turun -7.91 poin atau -0.06%

Indeks CAC bergerak pada 5257.11, turun -17.15 poin atau -0.33%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10681.60, turun -59.10 poin atau -0.55%

Perusahaan minyak dan gas memimpin penurunan, turun lebih dari 1,5 persen, karena setiap saham di sektor ini turun di bawah garis datar pada transaksi pertengahan pagi. Barclays menurunkan produsen minyak dan gas Eropa menjadi “negatif” dari “netral” pada hari Kamis, dengan mengatakan bahwa prospek fundamental untuk sektor ini telah menjadi “semakin ditantang.” Kontraktor lepas pantai di Inggris Subsea 7 tergelincir lebih dari 5 persen pada berita tersebut.

Di tempat lain, Imagination Technologies mengumumkan akan dijual sendiri pada hari Kamis, beberapa minggu setelah meluncurkan perselisihan formal melawan pelanggan terbesarnya – Apple. Saham dalam kelompok tersebut melonjak lebih dari 17 persen pada transaksi pertengahan pagi.

Saham di perusahaan manufaktur asal Inggris, Rotork, dan Swedia, Alfa Laval, keduanya bergerak ke arah patokan teratas pada hari Kamis. Morgan Stanley menaikkan setiap saham menjadi kelebihan berat badan, dengan mengatakan bahwa perusahaan cenderung memperoleh keuntungan dari lingkungan bisnis yang lebih kuat.

Minyak sekali lagi terus berada di garis depan benak investor pada hari Kamis, karena harga berfluktuasi karena kekhawatiran akan kekenyangan di pasar.

Pada pukul 10.35 waktu London, harga sedikit lebih tinggi dengan minyak mentah A.S. duduk di sekitar $ 42,74 per barel, sementara Brent bertahan di sekitar $ 45,15.

Politik juga bisa mempengaruhi sentimen pada hari Kamis, karena hari pertama pertemuan dua hari Dewan Eropa dimulai.

Pada KTT tersebut, para pemimpin Uni Eropa ditetapkan untuk fokus pada dua tujuan: memperkuat Uni Eropa dan melindungi warganya. Oleh karena itu, topik utama yang harus diangkat mencakup terorisme, keamanan, globalisasi dan perubahan iklim.

Perdana Menteri Inggris Theresa May diperkirakan akan tampil di puncak, di mana dia kemungkinan akan menginformasikan pemimpin lain dari niat Inggris saat harus keluar dari blok ekonomi politik.

Hari itu juga akan diawasi ketat untuk melihat apakah ada berita lebih lanjut seputar kesepakatan antara Konservatif dan Partai Unionis Demokratik. Akibatnya, pergerakan dalam sterling akan menjadi penting.

Malam nanti akan dirilis data Consumer Confidence Juni Zona Eropa yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah jika data ekonomi lemah, juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here